Perjalanan Hidup Setya Novanto Dari Penjual Beras Sampai Menjadi Ketua DPR RI

- November 22, 2017
Ada yang bilang bahwa oang-orang hebat tumbuh dari keperihatinan dan keuletan dalam menjalani hidup. Begitupun dengan Setya Novanto, sebelum beliau menduduki Pucak Pimpinan  Parlemen Indonesia, tenyata dalam masa-masa pendidikannya beliau diceritakan rela banting tulang menjual beras di pasar untuk membiyayai pendidikannya. Maklum pada saat itu kedua orang tua beliau telah bercerai.
Setya Novanto lahir di Bandung pada 12 November 1955, beliau mulai terkenal dan hampir setiap hari tampil dilayar televisi Indonesia, sewaktu beliau behasil menjadi Ketua Umum Golkar menggantikan Abu Rizal Bakri dan menjabat menjadi Ketua DPR RI bersama Fahri Hamzah dan Fadli Zon. 

Kedua orang tua Setya Novanto becerai ketika beliau masih di Sekolah Dasar, meskipun kedua oang tua beliau menyayanginya, akan tetapi psaca percerian tersebut rupanya berimbas pada kehidupan Setya Novanto kecil, yang dahulu mendapatkan kasih sayang yang sempurna dari kedua oang tuanya, kini kasih sayang tersebut menjadi bekurang lantaran perceraian. 

Meskipun beliau kelahiran Bandung akan tetapi pendiikan Dasar (SD), Menengah (SMP) dan Atasnya (SMA) beliau ditempuh di Jakarta. Dalam masa-masa sekolah Mengah Atas di Jakarta ini, beliau sudah menjadi pemuda tangguh yang giat bekerja tanpa mengandalkan orang tua yang memang keadaanya tidak memungkinkan.

Selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas Setya novanto kemudian melanjutkan pendidikannya ke Surabaya, beliau Kuliah di Universitas Katolik Widya Mandala, mengambil Jurusan Akuntansi. Dalam masa ini lagi-lagi kendala yang dihadapi Setya Novanto adalah soal keuangan, Uang yang dikirmkan orang tuanya hanya cukup untuk biyaya semester, sementara biyaya hidup keseharianya di Surabaya dicarinya sendiri, mulai dari menjual madu sampai menjual beras beliau lakoni untuk dapat menopang kehidupanya selama menjadi mahasiswa di Surabaya.

Bisnis menjual beras yang beliau lakoni sambil kuliah tersebut, dapat dikategorikan sukses pada waktu itu sehingga beliau diceritakan kemudian dapat menyewa Kios untuk menimbun stok beras yang beliau miliki bahkan beliau telah memiliki CV sendiri, namun demikian takdir bekata lain, bisnis beras yang beliau geluti kemudian ditinggalkan karena menghadapi masalah. 

Tiak putus asa dengan keadaan,  beliau kemudian mencoba peuntungan dengan menjadi Sales Mobil, karena ulet dan kerja kerasnya akhinya beliau dijadikan kepala penjualan untuk wilayah Indonesia Timur. Kehidupan Setya Novanto yang dulu terbilang susah kini menjadi berubah drastis, beliau pada waktu itu menjadi seorang muda atau Mahasiswa yang Tajir tanpa mengandalkan harta orang tuanya. 

Selepas lulus dari Univeristas Katolik Widya Mandala, tentunya Setya Novanto Muda sudah memiliki tabungan yang cukup, beliau kemudian setelah lulus kuliah melanjutkan kuliah di S2 di Universitas Tri Sakti dengan mengambil Jurusan yang sama yaitu akuntansi, dan tentunya dengan disambi bekerja.

Dalam masa-masa menjadi Mahasiswa di Trisakti inilah, keberuntungan terus mengikuti beliau, berkat keluesannya dalam berteman dan kepandainya dalam berbisnis mengantarkan beliau pada keusksesan demi kesuksesan, hingga akhirnya kemudian beliau banyak berkenalan dengan tokoh-tokoh Politik Nasional waktu itu. Dan pada nantinya dari pekenalan dengan tokoh-tokoh politik itu menarik minat beliau untuk masuk ke Golkar yang pada waktu itu merupakan Partai Politik terkuat di negeri ini. Dan akhirnya puncak kesuksesan beliau dalam berpolitik di Golkarpun akhirnya beliau raih dengan ditetapkannya beliau menjadi Ketua Umum Golkar menggantikan Abu Rizal Bakri, berbarengan dengan itu beliau juga sukses menjadi Ketua DPRI Indonesia Periode 2014-2021. 

Begitulah kisah perjalanan Hidup Setya Novanto dari yang dulu hidup susah karena percerian kedua orang tuanya, yang tidak menyerah menjalani hidup meski dengan cara bejualan beras, memperbaiki kualitas hidup dengan terus bersekolah sehingga kerja kerasnya ini kemudian berbuah manis terbukti dari kesuksesan demi kesuksesan yang beliau raih. 


Sumber Rujukan.

Diakses 11.22.2017. dari Wikipedia. Setya Novanto
Diakses 11.22.2017. dari Merdeka.com. Profil Setya Novanto
Diakses 11.22.2017. dari Tempo.com. Setya Novanto Penjual Madu Yang Menikahi Anak Jendral


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search