Istri, Anak, Cucu dan Cicit Sunan Gunung Jati

- Oktober 22, 2019
Sunan Gunung Jati yang nama aslinya Syarif Hidayatullah adalah Sultan Cirebon pertama, tidak berbeda dengan manusia normal lainnya maka Sunan Gunung Jatipun mempunyai Istri, Anak, Cucu dan Cicit. Keturunan Sunan Gunung Jati tersebut nantinya ada yang melajutkan tahtanya, ada juga yang menjadi penguasa di Kerajaan lain adapula yang menjadi pembesar maupun ulama yang menyebar dipulau Jawa dan luar Jawa.

Selama hidupnya Sunan Gunung Jati menikahi 6 orang wanita, keenamnya tidak dinikahi secara langsung melainkan dinikahi setelah salah satu istri sebelumnya wafat. Hal ersebut dilakukan karena dalam ajaran Islam tidak boleh menikahi 6 wanita sekaligus.

Istri-Istri Sunan Gunung Jati

Istri pertama Sunan Gunung Jati adalah Nyi Mas Babadan merupakan anak Ki Gede Babadan seorang Petani asal desa Babadan. Mengenai letak desa Babadan terdapat dua versi ada yang menyatakan letaknya di Banten adapula yang menyataka letaknya di Indramayu.

Istri kedua Sunan Gunung Jati adalah Nyi Mas Pakungwati merupakan anak dari Pangeran Cakrabuana/Walangsungsang beliau merupakan istri Sunan Gunung Jati yang berkedudukan sebagai Permaisuri di Kesultanan Cirebon.

Istri ketiga Sunan Gunung Jati adalah Nyi Mas Rara Jati putri dari Ki Gede Jati (Syekh Nurjati) seorang Ulama sekaligus guru Sunan Gunung Jati yang tinggal di Gunung Sembung/Gunung Jati.

Istri keempat Sunan Gunung Jati adalah Ong Tien, seorang Putri asal negeri Cina, beliau dinikahi Sunan Gung Jati selepas kewafatan Nyi Mas Babadan.

Istri kelima Sunan Gunung Jati adalah Nyi Mas Kawunganten anak permadi Puti Raja Cangkuang juga merupakan adik Pucukamun Banten Girang. Dinikahi Sunan Gunung Jati ketika Sunan Gunung Jati berdakwah di Banten.

Istri ke enam atau Istri terakhir Sunan Gunung Jati adalah Nyi Mas Rara Tepasan, merupakan putri Ki Gede Tepasan dari Majapahit.

Anak Sunan Gunung Jati

Pernikahan Sunan Gunung Jati dengan enam orang wanita yang telah disebutkan ada yang menghasilkan anak ada juga yang tidak. Adapun anak-anak Sunan Gunung Jati adalah sebagai berikut:

  1. Pangeran Jaya Kelana adalah anak Sunan Gunung Jati dengan Rara Jati, merpakan anak tertua Sunan Gunung Jati
  2. Pangeran Brata Kelana adalah ana Sunan Gunung Jati dengan Rara Tepasan
  3. Ratu Winahon adalah putri Sunan Gunung Jati dari Nyi Mas Kawunganten
  4. Pangeran Sebakingkin atau Maulana Hasanudin adalah putra Sunan Gunung Jati dari Nyi Mas Kawunganten yang kelak menjadi Sultan Banten pertama. 
  5. Ratu Ayu Wanguran adalah putri Sunan Gunung Jati dari Rara Tepasan kelak putri ini dinikahi oleh Sultan Demak kedua (Pati Unus).
  6. Pangeran Pasarean adalah putra Sunan Gunung Jati dari Rara Tepasan. 

Dari Perkawinan Sunan Gunung Jati dengan Nyi Mas Babadan, Nyi Mas Pakungwati dan Ong Tien tidak memperoleh keturunan.

Cucu Sunan Gunung Jati

Enam putra dan putri Sunan Gunung Jati dari hasil perkawinanya dengan enam orang perempuan menurunkan cucu-cucu Sunan Gunung Jati, yaitu;

  1. Ratu Wanawati Raras adalah cucu Sunan Gunung Jati dari anak perempuannya Ratu Ayu Wanguran yang menikah dengan Fatahillah (Tu Bagus Pase/Penakluk Sunda Kelapa)
  2. Ratu Nyawa (Namanya Sama dengan Putri Sultan Demak) juga  cucu Sunan Gunung Jati dari anak perempuannya Ratu Ayu Wanguran 
  3. Pangeran Agung (Bukan Panembahan Ratu I) juga  cucu Sunan Gunung Jati dari anak perempuannya Ratu Ayu Wanguran.
  4. Ratu Sewu juga  cucu Sunan Gunung Jati dari anak perempuannya Ratu Ayu Wanguran.
  5. Ratu Agung juga cucu Sunan Gunung Jati dari anak perempuannya Ratu Ayu Wanguran.
  6. Pangeran Kesatrian adalah cucu Sunan Gunung Jati dari putranya Pangeran Pasarean 
  7. Panembahan Losari adalah juga cucu Sunan Gunung Jati dari putranya Pangeran Pasarean
  8. Pangeran Sedang Kemuning adalah juga cucu Sunan Gunung Jati dari putranya Pangeran Pasarean
  9. Ratu Bagus adalah juga cucu Sunan Gunung Jati dari putranya Pangeran Pasarean
  10. Ratu Mas Tuban juga cucu Sunan Gunung Jati dari putranya Pangeran Pasarean
  11. Pangeran Raju juga cucu Sunan Gunung Jati dari putranya Pangeran Pasarean
  12. Pangeran Suryani adalah cucu Sunan Gunung Jati dari putranya Pangeran Hasanuddin atau Pangeran Sebakingkin
  13. Pangeran Pajajaran adalah juga cucu Sunan Gunung Jati dari putranya Pangeran Hasanuddin atau Pangeran Sebakingkin
  14. Pangeran Maulana Yusuf adalah juga cucu Sunan Gunung Jati dari putranya Pangeran Hasanuddin atau Pangeran Sebakingkin, kelak menjadi Sultan Banten II.

Anak Sunan Gunung Jati yang bernama Pangeran Jaya Kelana, Pangeran Bratakelana dan Ratu Winahon tidak mempunyai keturunan/tidak trcatat sehingga tidak/dianggap tidak memberikan cucu pada Sunan Gunung Jati.

Cicit Sunan Gunung Jati

14 Cucu Sunan Gunung Jati melahirkakn cicit Sunan Gunung Jati, adapun cicit Sunan Gunung Jati yang tercatat diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pangeran Panegak adalah cicit Sunan Gunung Jati dari cucunya Panembahan Losari
  2. Pangeran Arya adalah juga cicit Sunan Gunung Jati dari cucunya Panembahan Losari
  3. Ratu Salambitan adalah juga cicit Sunan Gunung Jati dari cucunya Panembahan Losari
  4. Pangeran Agung (Panembahan Ratu) adalah cicit Sunan Gunung Jati dari cucunya Pangeran Sedang Kemuning (Pangeran Dipati Carbon I), kelak Pangeran Agung menjadi Sultan Cirebon ke dua Pengganti Sunan Gunung Jati. 

Cicit Sunan Gunung Jati selain dari cucu-cucunya yaitu Panembahan Losari dan Pangeran Sedang Kemuning belum tercatat sehingga tidak diketahui. 

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search