Naskah Nyi Junti

- Maret 27, 2018
Naskah Nyi Junti adalah salah satu naskah yang menceritakan tentang Nyi Junti. Leluhur orang Junti (Salah Satu Desa Di Indramayu), Dalam naskah ini diceritakan bagaimana perjalanan Nyi Junti sebelum menjadi pendiri desa Junti. 
Teks Halaman Naskah Nyi Junti
Awal kisah dalam naskah ini menceritakan tentang seorang gadis yang bernama Nyi Junti, ia dikejar-kejar oleh seorang laki-laki bernama Ki Dampu Awang yang ingin menikahinya. Nyi Junti dikisahkan lari ke arah timur menuju Karang Kendal (Salah Satu Desa Di Cirebon). Disana Nyi Junti dikisahkan menyamar menjadi tukang tenun, Dampu Awang kehilangan jejak.

Karena kecantikannya, Dalam masa penyamaran, Nyi Junti juga dikisahkan disukai oleh Pangeran Timur, ia kemudian melamar Nyi Junti. Tapi Nyi Junti menolak. Lagi-lagi penolakan ini kemudian menimbukan konflik. Nyi Junti kemudian menghindar lagi dan lari kea rah timur, hingga sampai ke sebuah wilayah yang kemudian dinamakan Junti. 

Naskah ini didapat dari pemakaman Kramat Desa Pucuk Kecamatan Sindang Kab Indramayu. Naskah ini terdiri atas tiga bagian teks cerita, yaitu Babad Dermayu, Nyi Junti dan Babad Dermayu. Kondisi tulisan dalam naskah ini sangat jelas dan bisa dibaca, dan memuat penomoran halaman. Ada teks naskah yang hilang pada bagian awal naskah dan akhir naskah. 

Menurut pemiliknya naskah ini dipergunakan untuk pertunjukan wayang golek cepak dan sandiwara. Adapun spesifikasi naskah Nyi Junti adalah sebagai berikut:
Judul
:
Nyi Junti[1]
Jenis
:
Kisah
Bentuk
:
Prosa
Bahasa
:
Jawa
Aksara
:
Jawa/Carakan
Warna Tinta
:
Abu-Abu
Alas Naskah
:
Kertas Bergaris
Sampul
:
Sampul Buku Tulis
Ukuran
:
20.3x17 Cm
Halaman
:
5 Halaman
Baris Per Halaman
:
22-24 Baris
Jarak Antar Baris
:
0,7 Cm
Daftar Bacaan.
[1] Crhistomy Dan Nurhata. 20016. Katalog Naskah Indramayu. Jakarta: Wedatama Widya Sastra
 

Start typing and press Enter to search