Sejarah Terbentuknya PDAM Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu

- November 28, 2018
Indramayu memiliki Perusahaan Daerah Air Minum atau yang biasa disingkat dengan PDAM, namanya Tirta Darma Ayu, Tirta sendiri secara bahasa bermaksud air (Bahasa Jawa Kuno) adapun Darma Ayu adalah salah satu nama dari tokoh pendiri Indramayu.

Adanya instalasi pengelolaan air di Indramayu dimulai pada zaman Belanda, adapun adanya PDAM Indramayu yang dinamakan Tirta Darma Ayu sebenarnya baru ada pada tahun 2000, perubahan dari Instalasi penelolaan Air minum kota menjadi perusahaan air minum milik pemda ini melalui perjalanan panjang. Adapun urian singkat dari perjalanan sejarahnya adalah sebagai berikut:

Pada tahun 1932 di kota Indramayu dibangun Instalasi Pengolahan Air Bersih dengan kapasitas 20 I/det. Sumber air baku saat itu diambil dari saluran irigasi kali Sindu Praja. Pada massa itu yang dapat menikmati air bersih masih terbatas dikalangan tertentu yaitu bangsa Belanda.

pada tahun 1945 setelah bangsa Indonesia merdeka, pengolahan air minum yang selama ini dikelola bangsa Belanda diserahkan kepada Pemerintah Indonesia dalam hal ini Dinas Air Minum Kabupaten Indramayu. Kemudian dalam perkembangannya, kebutuhan air bersih bagi masyarakat senantiasa terus meningkat, maka pada tahun 1979 di kabupaten Indramayu dibangun lagi Instalasi Pengolahan Air (IPA) berkapasitas 70I/det.

Pengolahan air bersih ini dalam perkembangannya kemudian menjadi tanggung jawab da wewenang PDAM Kabupaten Dati II Indramayu sesuai dnegan Keputusan Bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Menteri Dalam Negeri Nomor 552/KPTS/1988, tanggal 17 Nopember 1988.

Pada tahun 1995 dibangun instalasi pengolahan air berkapasitas 80 I/det di Kelurahan Kepandean Kecamatan Indramayu, kemudian disusul dengan instalasiinstalasi lainnya dengan sumber dana baik pinjaman dari pemerintah pusat maupun bantuan hibah dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
Sampai  dengan bulan Juli 2005, kapasitas produksi total PDAM Kabupaten Indramayu adalah sebesar 657,5 I/det yang melayani sejumlah 45.872 SL diwilayah tersebar.

Sesuai dnegan SK Direksi PDAM Kabupaten Indramayu No. 065/SK.06. Adm.HK/2000 tentang pengesahan logo dan nama, maka nama PDAM Indramayu pada 12 Juni tahun 2000 berubah meenjadi PDAM Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu.

Begitulah sejarah mengenai bagaimana PDAM Tirta Darma Ayu terbentuk, pembentukannya memakan waktu panjang, dimulai dari zaman Belanda hingga zaman kemerdekaan.

Baca Juga: Sejarah Pendirian Indramayu


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search