Kisah Nyi Mas Gading Ronggeng Kalianyar Cirebon

- Oktober 06, 2019
Nyi Mas Gading Ronggeng kisah dan situs makamnya dapat ditemui di Desa Kalianyar Kabupaten Cirebon. Nyi Mas Gading Ronggeng digambarkan sebagai wanita cantik yang berprofesi sebagai penari Ronggeng keliling asal desa Gadingan Indramayu.

Seni Tari Ronggeng  merupakan salah satu kesenian asal Jawa Barat, dalam seni tersebut dipentaskan tari-tarian dari seorang penari cantik dengan iringan musik tradisional seperti Gong, Angklung, Kening dan lain sebagainya.

Dahulu, hiburan yang semacam itu hanya dapat dinikmati Raja dan Para Bangsawan saja di Keraton, hanya saja dengan berkembangnya waktu banyak orang-orang yang memanfatakan seni tersebut untuk mencari peruntungan sekaligus menghibur rakyat.

Mereka melakukannya dengan berkeliling ke desa-desa. Salah satu grup kesenian Ronggeng yang tercatat dalam sejarah adalah Grup Ronggeng Nyi Mas Gading asal Desa Gadingan Indramayu. Kemungkinan Grup Ronggeng tersebut sangat populer dizamanya.
Pertujukan Ronggeng
Pentas Nyi Mas Gading Ronggeng dinati-nantikan kedatangannya, termasuk warga Cirebon, akan tetapi ketika memasuki wilayah Cirebon rupanya terjadi peristiwa yang memilukan sehingga akhirnya menyebabkan kematian biduan Ronggeng.

Ketika pentas ronggeng diadakan di Cirebon, masyarakat sangat antusias, banyak yang menonton, mereka terpesona pada kecantikan sang biduan sehingga diantara mereka banyak yang sawer, akan tetapi selepas beberap waktu pertunjukan di gelar, tiba-tiba Kerbau Ki Kuwu Cirebon yang habis digunakan untuk membajak sawah mengamuk. 

Amukannya membabi buta, hingga menerobos pertunjukan Ronggeng yang sedang di gelar, akibatnya banyak orang yang menjadi korban, salah satu korbannya adalah sang biduan Ronggeng. Ia tewas di tanduk dan di injak-injak kerbau.

Baca Juga: Sejarah Pendirian Indramayu

Setelah pristiwa itu, biduan ronggeng cantik asal Indramayu tersebut kemudian dikuburkan di daerah yang kini masuk wilayah Desa Kalianyar Kabupaten Cirebon. Makamnya dinamakan Makam Nyi Mas Gading Ronggeng. Hingga kini situs tersebut ada saja yang mengunjungi, pengunjung atau peziarah biasanya melakukan “sawer” atau menaburkan uang di situs makam sang biduan.

Cerita Nyi Mas Gading Ronggeng terdapat pada naskah Situs Makam Nyi Mas Gading Ronggeng. Selanjutnya jika dipahami secara seksama adanya cerita tersebut mengindikasikan bahwa hiburan Ronggeng sudah ada sejak lama di wilayah Cirebon, meskipun demikian belum diketahui secara pasti kapan dan tahun berapa kesenian Ronggeng mucul di Jawa Barat. 

Baca Juga: Kerajaan Cirebon, Masa Pendirian, Kejayaan dan Kemundurannya 

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search