Sejarah MTs Darul Hikam Panjunan Kota Cirebon

- Oktober 21, 2019
MTs Darul Hikam terletak di Jalan Kolektoran No. 20 Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon. Lembaga pendidikan sekolah menengah pertama Islam Darul Hikam sejarah pendiriannya tidak terlepas dari lembaga Djam’iyatut Ta’lim Al Auladi Al Islamiyah (DTA).

Pada tanggal 10 Muharram 1327 H / 15 Januari 1910 M berdirilah sebuah Lembaga Pendidikan Islam formal yang tertua di kota Cirebon, yang bernama Djam’iyatut Ta’lim Al Auladi Al Islamiyah (DTA).

Djam’iyatut Ta’lim didirikan atas prakarsa Sayid Hasan bin Ali Al Jufri dan Syekh Ali Az Zubaedy, memiliki cirri khas tersendiri dimana pemgajaran Bahasa arab sebagai bahasa Al-Qur’an sangat diperioritaskan, disamping pendidikan agama Islam sacara mendalam dan pengetahuan lainnya sesuai kebutuhan dan tuntutan zaman.

Sejalan dengan situasi perkembangan penjajahan, pada masa penjajahan Jepang semua bentuk partai, organisasi dan perkumpulan apapun dilarang di seluruh Indonesia. Oleh karena itu pada tahun satu 944 Djam’iyatut Ta’lim berubahmenjadi Madrasah Darul Hikam, yang berarti Sumber Hikmah (Sekolah ).

Setelah merdeka berubah menjadi Yayasan Darul Hikam dengan bentuk badan hukum dengan akte notaries tanggal 16 Maret 1960, nomor 38 oleh Mr. Djoko Mardedjo, notaries Cirebon. Sesuai engan kebutuhan masyarakat akan pentingnya pendidikan, maka Madrasah Darul Hikam berkembang dengan berdirinya Madrasah Mu’allimin pada tahun 1955 yang dipimpin oleh Ustadz Mas’oed, yang kemudian berubah menjadi PGA Darul Hikam.

Berdasarkan perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, selaras dengan tuntutan peningkatan kualitas yang seimbang antara pengetahuan umum dan agama, maka berdasarkan SK Tiga Menteri (Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Dalam Negri) No.6 tahun 1975; No. 037/U/1975; No.36 tahun 1975 serta peraturan Mentri Agama No.3 tahun 1979, maka sejak tahun 1979 PGA Darul Hikam berubah menjadi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Hikam, sesuai dengan kebijaksanaan pembaharuan pendidikan di lingkungan Departemen Agama.

Para Ketua Pengurus Yayasan Darul Hikam tempo dulu antara lain adalah Ustadz Muhammad Assegaf, S. Ag, Ustadz Ahmad Bakar, Ustadz H. Mas’oed, Ustadz H. Saleh Assegaf, Ustadz H. Drs. Abdullah Fauzi, Habib H. Hamid Hasan Alkaff (pengurus sekarang).

Sekolah-sekolah yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Islam Darul Hikam Cirebon antara lain Taman Kanak-kanak (TK Darul Hikam), SD-MI Darul Hikam, MTs Darul Hikam dan SMA Darul Hikam.

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search