Keturunan Raden Patah

- Desember 08, 2019
Raden Patah selama hidupnya memilki 6 anak, ke enam keturunannya itu lahir dari ketiga istrinya. Kalak keturunan Raden Patah yang berjumlah 6 orang itu ada yang menjadi pewaris tahta Kesultanan Demak maupun menjadi pembesar di daerah-daerah yang menjadi kekuasaan Demak.

Raden Patah pertama kali menikah dengan Putri Sunan Ampel, Putri ini pula yang dikemudian hari dijadikan pemaisuri ketika Raden Patah menjabat sebagai Sultan Demak. Dari istri pertamanya Raden Patah memperoleh dua keturunan, yaitu:

Raden Surya

Raden Surya adalah nama lain dari Pati Unus, beliau nantinya diangkat menjadi penerus tahta Kesultanan Demak, hal ini dilakukan karena memang ia anak laki-laki tertua, karena memang kakaknya sendiri seorang putri. Raden Surya wafat ketika melakukan serangan ke Portugis di Malaka.

Raden Trenggono

Raden Trenggono yang juga isebut Pangeran Trenggono adalah Sultan Demak ketiga pengganti kakaknya, pada masa pemerintahannya Demak mencapai puncak kejayaan, sebab berhasil menguasai hampir seluruh Jawa dan Madura serta beberapa daerah di Kalimntan dan Sumatra.

Istri kedua Raden Patah adalah Putri Rangdu Sanga, dari istri keduanya Raden Patah memperoleh dua orang anak, yaitu Raden Kanduruwan dan Raden Pamekas. Tokoh Raden kanduruwan disebut-sebut sebagai tokoh yang ditugaskan Sultan Trenggono untuk menaklukan Sumenep. Kelak ia menjadi penguasa di Sumenep.

Istri ketiga Raden Patah adalah putri Adipati Jipang. Dari perkawinan ketiganya Raden Patah memperoleh dua orang keturunan, yaitu :

Raden Kikin

Raden Kikin, secara kelahiran lebih tua dari Raden Tenggono, oleh karena itu selepas kematian Patih Unus den Kikin terlibat perebutan tahta dengan Raden Trenggono. Perebutan tahta tersebut mengakibatkan raden Kikin terbunuh. Beliau dibunuh oleh Raen Mukmin (Sunan Pawoto/Sultan Demak ke IV) di pinggir Sungai sehingga Raden Kikin dijuluki Pangeran Seda Ing Sekar Ing Lapen, maksudnya kembang yang wafat di tepi sungai.

Ratu Mas Nyawa

Ratu Mas adalah anak Raden patah tertua, dikemudian hari Ratu Mas dinikahkan dengan anak Sunan Gunung Jati yang bernama Pangeran Brata Kelana. Selepas Pangeran Brata Kelana wafat akibat dirompak di tengah laut ketika hendak pulang menuju Cirebon, Ratu Mas dinikahkan dengan anak Sunan Gunung jati yang lain, yaitu Pangeran Pasarean.

Gambaran keturunan Raden Patah dari penjelasan di atas dirangkum pada bagan dibawah ini:
Urutan anak-anak Raden Patah ari mulai yang tertua dan termuda dai ketiga istrinya adalah sebagai berikut:

  1. Ratu Mas Nyawa
  2. Raden Surya (Pati Unus/Pangeran Sabrang Lor)
  3. Raden Kikin
  4. Raden Trenggono
  5. Raden Kanduruwan
  6. Raden Pamekas

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search