Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Desa Sukagumiwang Kec Sukagumiwang Kab Indramayu

Sejarah Desa Sukagumiwang Kec Sukagumiwang Kab Indramayu  dimulai pada tahun 1981, sebab pada tahun itu Desa Sukagumiwang resmi terbentuk dan berpisah dari desa induknya Desa Gunungsari.

Sebetulnya pada tahun 1980 muncul wacana untuk pemekaran wilayah Gunungsari menjadi dua wilayah administratif, wacana ini muncul berdasarkan Permendagri tentang pemekaran Desa yang di pelopori oleh sesepuh Desa yang diantaranya ; H.Bajuri, H. Akmad, R Soetarjo, Bunaah Amidjojo, Jama dll, yang mulai berusaha mengimplentasikan Permendagri tersebut untuk dapat segera terlaksana.

Pelalksanaan pemekaran desa baru benar-benar terjadi pada tanggal 1 Juli 1981 pemeritahan Desa Sukagumiwang resmi terbentuk, dimana pada saat itu yang menjabat sebagai kepalaDesa adalah R. Soetarjo.

Secara bahasa kata Sukagumiwang diambil dari dua suku kata sangsekerta yaitu suka dan gumiwang : Suka berarti rakyatnya subur, makmur, tentram, cukup sandang pangan dan Gumiwang mengandung arti memuji Kekuasaan Allah.

Jadi, nama tersebut merupakan ungkapan doa para sesepuh yang berharap kelak Desa Sukagimiwang menjadi Desa yang subur, makmur, tentaram yang selalu bersykur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Jadi, kemungkinan pengambilan nama tersebut adalah untuk sebuah harapan ke depan Desa Sukagumiwang menjadi Desa mandiri dan mempunyai pemerintahan sendiri.
Pada tahun 1981 Kantor pemerintah Desa Sukagumiwang telah selesai di bangun. Pada tahun 1981 proses pembagian aset Desa antara Desa induk dan Desa pemekaran telah selesai pembahasanya dan realisasinya :65% Desa induk, dan 35% Desa pemekaran. Hal ini, membuat mobilisasi dari perangkat Desa untuk membangun masyarakat semakin meningkat. Sehingga, pada tahun 1982 diadakan pemilihan Kepala Desa Sukagumiwanguntuk yang pertama kalinya, dengan kepala Desa yang terpilih ialah Bapak R. Soetarjo.

Orang-orang yang pernah menjabat sebagai  Kepala Desa Sukagumiwang dari tahun 1981- Sekarang adalah Kepala Desa pertama  Soetarjo salah seorang yang berasal dari Blok Brungut hanya menjabat daritahun 1981-1984, lalu digantikan oleh Jama,sebagai Kepala Desa kedua yang menjabat dari tahun 1984-1988 yang berasal dari Blok Plumbon.

Pada tahun 1988-1990 digantikan oleh E. Turmudiberasal dari Blok Brungut sebagai kepala Desa ketiga, lalu ke empat digantikan olehBunaah Amidjojo yang berasal dari Blok Plumbon yang menjabat dari tahun 1991-1996, kemudian pada tahun 1996-1998 digantikan oleh Abbas sebagai Kepala Desa kelima yangberasal dari Blok Lor Gemiwang.

Pada tahun 1998-2008, Pak Akmad terpilih menjadi Kepala Desa Keenam yangberasal dari Blok Plumbon, lalu digantikan oleh H. Maman Suparman sebagai Kepala Desa ketujuh yang berasal dari Blok Brungut yang menjabat Kepala Desa dari tahun 2009 sampai dengan sekarang.

Posting Komentar untuk "Sejarah Desa Sukagumiwang Kec Sukagumiwang Kab Indramayu"