Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama Asli Sunan Gunung Jati dan Silsilahnya

Sunan Gunung Jati namanya begitu terkemuka di Indonesia, hal ini dikarenakan beliau merupakan salah satu anggota Wali Songo serta sosok yang berjasa besar dalam penyebaran Islam di Jawa Barat, meskipun begitu, ada saja orang yang salah faham dengan tokoh ini, pada umumnya kesalah pahaman mereka terjadi karena salah memilih reverensi bacaan.

Orang-orang yang keliru itu mengganggap nama Sunan Gunung Jati adalah Fadhilah Khan atau Fatahillah, Panglima tentara Demak asal Samudra Pasai. Ada juga yang berasumi bahwa nama asli Sunan Gunung Jati adalah Syekh Zain bin Sayyid Raden Suta Maharja bin Syekh Maulana Ishaq. Padahal dalam sejarah Cirebon yang tentunya lebih valid tidak begitu.

Nama asli Sunan Gunung Jati menurut Sejarah Cirebon adalah “Syarif Hidayatullah” beliau dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati karena beliau seorang Sunan ،Raja/Tokoh Agama) yang pusat penyebaran Islam dan dakwahnya berada di sebuah gunung kecil bernama “Gunung Jati” yang terletak di Cirebon.
Mengenai silsilah Sunan Gunung Jati, Sejarah Cirebon dengan jelas mencatatnya, Sunan Gunung Jati nasabnya dapat diurut hingga ke Rasulullah SAW. Dari garis Ayah Sunan Gunung Jati merupakan putra dari Syarif Abdullah bin Nur Alam ،atau Nurul Alim) dari Bani Hasyim. Sedangkan dari garis ibu, beliau merupakan putra dari Nyi Rara Santang ،Syarifah Muda’im) Binti Prabu Jaya Dewata atau Raden Pamanah Rasa atau Prabu Siliwangi.

Ditinjau dari silsilahnya, Sunan Gunung Jati tercatat sebagai salah satu anggota Wali Songo keturunan Arab dan Sunda. Silislah Sunan Gunung Jati dari pihak ayah sebagaimana diuraikan Maskur Arif ،2013: 37) dalam bukunya yang berjudul “Sejarah Lengkap Wali Sanga dari Masa kecil, Dewasa, Hingga Akhir Hayatnya”  adalah sebagai berikut:

  1. Sunan Gunung Jati alias Syarif Hidayatullah Al-Khan bin 
  2. Sayyid 'Umadtuddin Abdullah Al-Khan bin 
  3. Sayyid 'Ali Nuruddin Al-Khan alias 'Ali Nurul 'Alam bin 
  4. Sayyid Syaikh Jumadil Qubro alias Jamaluddin Akbar al-Husaini 
  5. Sayyid Ahmad Shah Jalal alias Ahmad Jalaludin Al-Khan bin 
  6. Sayyid Abdullah Al-'Azhomatu Khan bin 
  7. Sayyid Amir 'Abdul Malik Al-Muhajir ،Nasrabad, India) bin 
  8. Sayyid Alawi Ammil Faqih ،Hadhramaut) bin 
  9. Muhammad Sohib Mirbath ،Hadhramaut) bin 
  10. Sayyid Ali Kholi' Qosim bin 
  11. Sayyid Alawi Ats-Tsani bin 
  12. Sayyid Muhammad Sohibus Saumi'ah bin 
  13. Sayyid Alawi Awwal bin 
  14. Sayyid Al-Imam 'Ubaidillah bin 
  15. Ahmad al-Muhajir bin 
  16. ayyid 'Isa Naqib Ar-Rumi bin 
  17. Sayyid Muhammad An-Naqib bin 
  18. Sayyid Al-Imam Ali Uradhi bin 
  19. Sayyidina Ja'far As-Sodiq bin 
  20. Sayyidina Muhammad Al Baqir bin Sayyidina 'Ali Zainal 'Abidin bin 
  21. Al-Imam Sayyidina Hussain 
  22. Al-Husain putera Ali bin Abu Tholib dan Fatimah Az-Zahra binti Muhammad.

Sedangkan urutan dari silsilah ibunya yang merupakan keturunan Raja Pajajaran adalah Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah), Rara Santang (Syarifah Muda’in), Prabu Jaya Dewata (Raden Pamanah Rasa atau Prabu Siliwangi II), Prabu Dewa Niskala (Raja Galuh/Kawalih), Niskala Wastu Kancana (Prabu Siliwangi I), Prabu Linggabuana (Prabu Wangi), sebagai raja yang wafat di Bubat.

Posting Komentar untuk "Nama Asli Sunan Gunung Jati dan Silsilahnya"