Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 3 Pangeran Penulis Sejarah Cirebon

Penulisan Sejarah terutamanya sejarah mengenai Cirebon, tidak lepas dari kiprah tiga Pangeran asal Cirebon, tiga Pangeran itulah yang nantinya berjasa memberikan sumbangsih berupa karya tulis yang didalamnya membahas mengenai sejarah Cirebon. Hal ini terungkap ketika salah satu peserta diskusi, Dr. Eva Nur Arofah, M.Hum mengungkapkan hasil penelitiannya pada sesi diskusi dalam tema "Pernaskahan Cirebon" yang digelar secara online oleh Manassa Cirebon pada Minggu 30 Januari 2022 Pukul 18.30 Wib. 

Menurut Eva, memang banyak sekali penulis sejarah Cirebon yang menghasilkan karya berupa buku Sejarah Cirebon, namun dari Kalangan Pangeran (Bangsawan Keraton) ada tiga Pangeran yang teridentifikasi sebagai penulis sejarah Cirebon yang utama, yaitu (1) Pangeran Wangsakerta (2) Pangeran Arya Cirebon, dan (3) Pangeran Sulaiman Sulendraningrat. Ketiga Pangeran tersebut hidup pada tiga zaman yang berbeda. 

Pangeran Wangsakerta adalah orang pertama dari kalangan keraton yang menghasilkan beberapa buku yang salah satunya mengulas tentang sejarah Cirebon. 

Menurut Sejarah Cirebon, bahwa Pangeran Wangsakerta adalah anak dari Panembahan Ratu II (Panembahan Girilaya), diperkirakan lahir pada 1640/1650 an, tokoh inilah yang pernah mengadakan seminar internasional yang diselenggarakan di Keraton Kasepuhan yang tujuannya untuk melakukan penyusunan sejarah Nusantara dan Cirebon pada masa pemerintahan Sultan Sepuh ke I (1678-1697). Dari hasil seminar internasional itulah nantinya tercipta beberapa buku sejarah yang kini dikenal dengan nama "Naskah Wangsakerta'. 

Baca Juga : Pangeran Wangsakerta Cirebon

Selanjutnya, Pangeran kedua yang diidentifikasi sebagai Pangeran yang menjadi penulis sejarah Cirebon adalah Pangeran Arya Cirebon/Arya Carbon. 

Menurut Sejarah Cirebon, bahwa tokoh yang menggunakan julukan atau nama Arya Cirebon ada dua orang, yaitu Arya Cirebon bin Pangeran Pasarean dan Arya Carbon bin Sultan Sepuh I. Adapun tokoh yang dikenal sebagai Pangeran yang menulis sejarah Cirebon adalah Pangeran Arya Carbon yang kedua, dengan demikian dapatlah dimengerti bahwa Pangeran Arya Carbon yang kedua ini merupakan keponakan dari Pangeran Wangsakerta, sebab Pangeran Wangsakerta pada nyatanya merupakan adik daripada Sultan Sepuh I (Mertwaijaya).

Karya tulis sejarah yang paling terkemuka dari Pangeran Arya Carbon dikenal dengan nama "Carita Purwaka Caruban Nagari". Kini naskah tersebut menjadi rujukan para sejarawan dalam mengupas Sejarah Cirebon. 

Baca Juga: Pangeran Arya Carbon, Pengarang Naskah Carita Purwaka Caruban Nagari 

Sementara itu, Pangeran ketiga yang juga tidak kalah besar sumbangsihnya adalah PS Sulendraningrat atau Pangeran Sulaiman Sulendraningrat. 

PS Sulendraningrat lahir pada 3 Juni 1914 di Cirebon, beliau merupakan Pangeran yang lahir dari lingkungan Keraton Keprabonan. 

Karya tulis beliau dalam bentuk buku sejarah Cirebon lebih dari tiga, salah satunya adalah buku yang diberi judul "Sejarah Cirebon". Selain itu beliau jugalah orang yang mula-mula membukukan Naskah Carita Purwaka Caruban Nagari karya Pangeran Arya Carbon yang telah di alih aksarakan kedalam bahasa Indonesia sekaligus diterjamahkannya kedalam bahasa Indonesia. 

Baca Juga : Biografi PS Sulendraningrat

Penulis : Bung Fei

Posting Komentar untuk "Mengenal 3 Pangeran Penulis Sejarah Cirebon"