Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal-Usul Ja'far Shadiq diangkat Menjadi Sunan Kudus

Sunan adalah gelar yang ditunjukan kepada orang-orang yang dianggap sebagai orang yang biasa dimintai pertolongan (Si Suhunan), gelar ini biasanya disandangkan pada seorang Raja, Penguasa daerah atupun mereka yang mempunyai kuasa dalam bidang agama dan pemerintahan seperti para Wali di era Kesultanan Demak.

Salah satu tokoh yang bergelar Sunan adalah Ja'far Sahdiq, tokoh ini nantiinya dikenal atau dijuluki dengan gelar Sunan Kudus. Menurut Sejarah Jawa, bahwa Ja'far Shadiq adalah anak Sunan Ngundung seorang panglima perang Kesultanan Demak era Raden Fatah.

Catatan mengenai Ja'far Shadiq dalam sejarah Jawa mulai kelihatan ketika ayahnya gugur dalam pertempuran melawan tentara Majapahit yang dipimpin oleh Raden Hasan (Adipati Terung). Ja'far Shadiq menggantikan kedudukan ayahnya sebagai Panglima perang Demak sebelum akhirnya dapat mematahkan pasukan Majapahit.

Catatan selanjutnya mengenai Ja'far Shadiq adalah ia diangkat menjadi Imam besar di Masjid Agung Demak (Menjadi Mufti Kesultanan), akan tetapi ketika Demak diprintah oleh Sultan Trenggono, rupanya Ja'far Shadiq terlibat perseteruan dengan keluarga Sultan Trenggono karena kala itu Ja'far Shadiq cenderung lebih mendukung Raden Kikin untuk menjadi Sultan Demak pengganti Sultan Yunus (Patih Unus).

Atas peristiwa itulah kemudian Sultan Trenggono tidak lagi menjadikan Ja'far Shadiq sebagai mufti kerajaan Demak dan memilih Sunan Kalijaga sebagai penasehat sekaligus mufti di Kesultanan Demak.  Bahasa lengkap mengenai asal-usul a'far Shadiq diangkat Menjadi Sunan Kudus dapat anda simak dalam vidio berikut ini;

Oleh : Bung Fei

Posting Komentar untuk "Asal-Usul Ja'far Shadiq diangkat Menjadi Sunan Kudus"