Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1 BUKTI SULAWESI JAJAHAN MAJAPAHIT

Data terkongkrit bahwa Majapahit pernah menjajah Sulawesi adalah Kakawin Nagarakertagama, Naskah Kuno yang terbuat dari daun lontar yang ditulis oleh soerang Pendeta Budha yang dikenal akan kejujurannya.

Pada Pupuh 13 hingga 14 disebutkan negeri-negeri taklukan Majapahit termasuk didlamnya Negeri-Negeri yang ada di Pulau dan Kepuluan Sulawesi. Demikian ini bunyinya:

Pupuh 13

Terperinci pulau Negara bawahan, paling dulu M’layu, Jambi, Palembang, Toba dan Darmasraya pun ikut juga disebut Daerah Kandis, Kahwas, Minangkabau, Siak, Rokan, Kampar dan Pane.

Lwas dengan Samudra serta Lamuri, Batan, Lampung dan juga Barus. Itulah terutama Negara-negara melayu yang telah tunduk. Negara-negara di Pulau Tanjungnegara; Kapuas-Katingan, Sampit, Kota Lingga, Kota Waringin, Sambas, Lawai ikut tersebut.

Pupuh 14

Kandandangan, Landa, Samadang dan Tirem tak terlupakan. Sedu, Barune (ng), Kalka, Saludung, Solor dan juga Pasir. Barito, Sawaku, Tabalung, ikut juga Tanjung Kutei. Malano tetap yang terpenting di pulau Tanjungpura.

Di Hujung Medini Pahang yang disebut paling dahulu. Berikut Langkasuka, Saimwang, Kelantan, serta Trengganu Johor, Paka, Muar, Dungun, Tumasik, Kelang serta Kedah. Jerai, Kanjapiniran, semua sudah lama terhimpun.

Disebelah timur Jawa, seperti yang berikut: Bali dengan Negara yang penting Badahulu dan Lo Gajah. Gurun serta Sukun, Taliwang, Pulau Sapi, dan Dompo. Sang Hyang Api, Bima, Seran, Hutan Kendali sekaligus.

Pulau Gurun, yang juga biasa disebut Lombok Merah. Dengan daerah makmur Sasak diperintah seluruhnya. Bantalayan di wilayah Bantayan beserta Kota Luwuk. Sampai Udamaktraya dan pulau lain-lainnya tunduk

Tersebut pula pulau-pulau Makasar, Buton, Bangawi Kunir, Galian, serta Salayar, Sumba, Solot, Muar. Lagi pula, Wanda (n), Ambon atau pulau Maluku, Wanin, Seran, Timor, dan beberapa lagi pulau-pulau lain.

Pulau Sulawesi-Indonesia

Dari petikan teks naskah di atas, jelas negeri-negeri di Sulawesi menjadi negeri taklukan Majapahit. Meskipun begitu, ada beberapa orang yang masih saja menayakan bukti lebih kongkrit mengenai Pengaruh Penjajahan Majapahit ke Sulawesi. Umumnya, mereka yang masih  meragukan ini biasanya tidak berkualitas. 

Bahwa ; , bukti nyata jika Sulawesi jajahan Majapahit adalah pemakaian gelar "Batara" pada Raja-Raja yang ada Sulawesi (Kerajaan yang sudah ada masa Majapahit sebagaimana yang disebutkan dalam Negarakertagama) 

Batara/ Bhatara (Devanagari: भटर ; Bhaṭāra) pada mulanya adalah istilah yang bermaksud utusan Brahman (Tuhan) sebagai pelindung umat manusia. Oleh Imperium Jawa yang agung, Khususnya Majapahit, istilah ini digunakan untuk menamai Raja-Raja Daerah yang menjadi bawahannya, Seperti Bahatara Ring Matahun, Mataram, Daha dan lain sebagainya dimana Istilah Bhatara Ring/Ing itu biasa di singkat " Bhre". 

Sulawesi pada zaman Majapahit tidak begitu tertarik pada Hindu mereka masih beragama animisme. Karenanya penggunaan istilah Bhatara untuk menggelari Raja-Raja mereka bukan karena pengaruh Hindu melainkan karena mereka jajahan Majapahit. 

Dintara berbepa Raja di Sulawesi yang menggunakan gelar "Bhatara/Batara" adalah (1) Gowa (2) Bone (3) Luwu (4) Wajo dan lain sebagainya. Ini jelas Negeri-negeri tersebut adalah jajahan Majapahit. 

Sebagai bahan perbandingan, Raja-Raja Sumatra yang menjadi Jajahan Jawa, maka Raja-Raja Mereka Gelarnya akan mengikut Gelar Jawa, Lihat Daftar Raja-Raja di Kesultanan Palembang dan Jambi.

Posting Komentar untuk " 1 BUKTI SULAWESI JAJAHAN MAJAPAHIT"