Asal-Usul Bren Senjata Legendaris Yang Mematikan

- Oktober 18, 2017
Cirebon memiliki keunikannya tersendiri salah satunya adalah bahasanya, kadang setiap kata bahasa yang dituturkan orang Cirebon mengandurng sejarah atau asal-usulnya tersendiri. Seperti dalam kasus ini, orang Cirebon ternyata menyebut semua senjata laras panjang dengan sebutan Bren.

Penyebutan Bren untuk semua jenis senjata laras panjang masih berlangsung hingga kini, terutama orang-orang tua di Cirebon, bahkan menular juga pada yang muda-muda. 

“Awas-awas ana Tentara Nggawa Bren” (Awas-awas ada tentara bawa senjata laras panjang),  begitu ungkapan orang-orang Cirebon ketika mereka melihat tentara sendang menenteng senjata laras panjang.

Pada prakteknya tentara kekinian pada umumnya membawa senjata laras panjang dengan merek atau nama tertentu seperti SS2 buatan Indonesia AK 47 buatan Rusia dan lain sebagainya. Tapi begitulah orang Cirebon menyamaratakan senjata laras panjang dengan sebutan Bren, bahkan kosa kata Bren juga digunakan diluar Cirebon, seperti di Indramayu, Majalengka dan daerah lainnya. 

Kamu mesti bertanya-tanya, kenapa bisa begitu ya….? Nah beginilah asal-usulnya;

Bren sebenarnya adalah nama senjata yang masuk dalam kategori atau seri senapan mesin ringan atau atau disingkat dengan (SMR), senjata ini merupakan senjata buatan Inggris, yang dibuat pada tahun 1930. 

Bren sangat populer pada masa perang dunia II dan merupakan salah satu senjata yang dianggap efektif di zamanya. 

Ditinjau dari sejarahnya dalam perang Dunia Dua Inggris tercatat mengalahkan Jepang  selain itu dalam sejarah kita juga diajarkan bahwa Tentara Sekutu yang diketuai Inggris pernah datang ke Indonesia untuk melucuti tentara Jepang. 

Pristiwa kedatangan Tentara Inggris ke Indonesia menjadi awal mula naik daunnya Bren sebagai senjata laras panjang. Bren diakui sebagai senjata yang efektif di zamannya termasuk diakui oleh para pejuang Indonesia slah satunya pejuang yang ada di Cirebon. 

Pamor Bren dimata rakyat Cirebon ini rupanya begitu terkenal, sehingga pada nantinya orang Cirebon kebablasan dalam menamai, sehingga setiap senjata laras panjang disebut dengan Bren.
Memahami hal tersebut maka dapatlah dimengerti bahwa mulanya Bren dikenal sebagai senjatanya tentara Sekutu dibawah pimpinan Inggris. 

Baiknya performa Bren nantinya juga menarik minat Indonesia untuk membeli senjata ini, tercatat Bren pernah dipakai oleh Tentara Indonesia pada peristiwa Konfrontasi (perang) Indonesia Vs Malaysia. Oleh sebab itu maka tidak mengherankan jika senjata laras panjang ini begitu terkenal di mata masyarakat. Khususnya masyarakat Cirebon, dan mungkin orang Indonesia pada umumnya. Begitulah asal-usul kenapa orang Cirebon menamai setiap senjata laras panjang dengan sebutan Bren. Kebablasan.

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search