Makam Kiyai Jatirah Pendiri Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon

- November 05, 2017
Kiyai Jatirah, atau yang  mempunyai nama lain Syekh Hasanudin merupakan salah satu ulama Cirebon pendiri Pondok Pesantren Babakan. Pesantren Babakan sendiri terletak di Kecamatan Ciwaringan Kabupaten Cirebon. 

Berbeda dengan pendiri-pendiri pesantren lainnya yang dimakamkan di areal Pesantren, Kiyai Jatirah ini ternyata dimakamkan jauh dari Pesantren Babakan, beliau ternyata dimakamkan di desa asalnya, beliau berasal dari Kajen Cirebon. Kajen pada hari ini merupakan  salah satu Blok yang berada di wilayah Desa Marikangen Kabupaten Cirebon. 

Selain dikenal sebagai pendiri Pesantren babakan, beliau juga disebut sebagai Buyut Kajen oleh masyarakat Desa Marikangen Cirebon. Karena menurut ceritanya beliau salah satu orang yang membangun padukuhan kajen. Dikajen beliau dimakamkan dipemakaman umum Blok Kajen bersama dengan ulama lainnya yaitu Syekh Abdul Latif. Makam beliau dipagari dengan batu bata merah bangunan khas kesultanan Cirebon. 

Makam Kiyai Jatirah Dan Syekh abdulatif Kajen
Menurut kisah yang dituturkan oleh kebanyakan orang-orang di desa Kajen, beliau dimakamkan di Kajen dikarenakan pada waktu itu wilayah pesantren yang didirkannya tindak kondusif, dalam artian sedang terjadi huru-hara. oleh karena itulah beliau kebali ke Kajen dan dimakamkan dikajen, namun demikian setelah huru-hara Di babakan mereda beliau kemudian mengutus muridnya untuk kembali mengurus pesantren Babakan yang dahulu pernah beliau tinggalkan.
 

Start typing and press Enter to search