Sejarah Desa Arjawinangun Kab Cirebon Jawa Barat

- November 07, 2017
Arjawinagun adalah nama desa yang sekaligus juga dijadikan nama Kecamatan, yang terkenal dari Arjawinangun untuk saat ini adalah rumah sakitnya, sebab di Arjawinangun ini terdapat RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kabupaten Cirebon bagian barat.
Menurut legendanya nama Arjawinangun muncul semenjak abada ke 15, namanya dikait-kaitkan dengan Arya Kemuning seorang pangeran yang dipercaya merupakan anak Ongtien dan Sunan Gunung Jati (versi lain menyebutnya hanya sebagai anak angkat), selain itu beliau juga merupakan tokoh pendiri Kabupaten Kuningan. 

Nama Arjawinangun muncul dimualai dari diperintahnya Arya Kemuning oleh Sunan Gunung Jati untuk menyampaikan surat kepada seseorang yang bernama Surya Darma, beliau diceritakan merupakan seorang pembesar Indramayu. Tidak dijelaskan apa isi surat perintah dan tujuannya, serta juga tidak dijelaskan mengapa yang menjadi kurir dari pengantar surat tersebut pangeran Arya Kemuning.

Singakat cerita, setelah Arya Kemuning melaksanakan tugasnya, beliau kemudian berpamiitan kepada Surya Darma untuk kembali Ke Cirebon. Setelah melakukan perjalanan dari Indramayu rupa-rupanya Arya kemuning merasa letih, hingga kemudian beliau bersama para pengawalnya memutuskan untuk beristirahat ditengah perjalanan, tempat yang djiadikan tempat peristirahan itu waktu itu masih hutan belantara.

Dihutan tersebut, Arya Kemuning kemudian membuat perkemahan, untuk sekedar beristirahat, dalam peristirahatanya itu Arya kemuning merasa bahagia dan tenang karena sejatinya beliau telah sukses melaksanakan perintah Rajanya dan Sekaligus orang tuanya itu. Rasa bahagianya itu kemudian mengantarkan beliau untuk menamai temppat perkemahannya itu dengan sebuah nama ARJAWINANGUN yang bermaksud Tempat Bahagia. Secara bahasa Arja sendiri merupakan bahasa Jawa kuno yang bermaksud Bahagia sedangkan winangun berarti Membangun atau selesai melaksanakan tugas.

Setelah peristiwa tersebut kemudian daerah yang belum berpenghuni tersebut kemudian dikenal dengan Arjawinangun, dan manakala daerah tersebut kemudian banyak dihuni oleh masyarakat nama Arjawinangun masih dan terus dipakai sebagai nama desa, dan kampung yang mereka tinggali. 

Tidak ada catatan yang jelas menganai kapan pemrintahan desa Arjawinangun didirikan, namun demikian berdasarkan profil Desa Arjawinangun,  Arjawinangun menjadi sebuah pemerintahan desa tersendiri dimulai sekitar tahun 1920 an. Adapun Kuwu atau kepala Desa pertamanya dijabat oleh Kuwu Waja. Untuk mengetahui sejarah desa lain yang berada di wilayah Kabupaten Cirebon baca di Sejarah Desa-Desa Di Kabupaten Cirebon Jawa Barat
 

Start typing and press Enter to search