Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keturunan Sunan Kalijaga

Keturunan Sunan Kalijaga-Raden Sai’d atau yang lebih populer disebut dengan Julukan Sunan Kalijaga adalah salah satu anggota Walisongo, beliau lahir pada tahun 1450 Masehi dan Wafat pada Tahun 1592 Masehi. 

Sunan Kalijaga merupakan Putra dari Pasangan Raden Ahmad Sahur dan Dewi Nawang Arum. Ayah Sunan Kalijaga merupakan Tumenggung Wilwatikta yang menjabat sebagai Adipati Tuban. 

Berdasarkan beberapa catatan sejarah tradisional, bahwa selama hidupnya, Sunan Kalijaga pernah menikahi empat orang wanita, yaitu (1) Nyi Undi (2) Dewi Sarah (3) Dewi Sarokah, dan (4) Syarifah Zainab. Dari keempat Istri-Istrinya itulah nantinya Sunan Kalijaga memperoleh keturunan. 

Keturunan Sunan Kalijaga

Menurut Naskah Mertasinga, Nyi Undi adalah Istri Raden Said ketika beliau menetap di Cirebon. Menurut Naskah ini pula, bahwa Raden Said mengawali Dakwah Profesionalnya di Cirebon dan beliau menetap di Desa Kalijaga, oleh karena itu, Raden Said nantinya dijuluki Sunan Kalijaga, karena beliau merupakan seorang Si Suhunan yang pusat dakwahnya berada di Desa Kalijaga. 

Masih menurut Naskah Mertasinga, bahwa perkawinan antara Sunan Kalijaga dengan Nyi Undi mengalami kebuntuan, sebab keduanya akhirnya bercerai. Dari hasil perkawinannya dengan  Nyi Undi, Sunan Kalijaga tidak memperoleh keturunan. 

Selanjutnya, Sunan Kalijaga dikisahkan menikahi Dewi Sarah, wanita ini adalah Putri dari Maulana Ishaq yaitu seorang Ulama besar yang menyebarkan Agama Islam di Daerah Blambangan. 

Dari hasil perkawinannya dengan Dewi Sarah, Sunan Kalijaga memperoleh tiga orang anak, yaitu (1) Umar Sai’d (Sunan Muria) (2) Dewi Ruqayyah, dan (3)  Dewi Sofiah.  

Wanita ketiga yang dikisahkan pernah menjadi Istri Sunan Kalijaga adalah Dewi Sarokah, wanita ini dikisahkan sebagai Putri dari Sunan Gunung Jati. Meskipun dalam catatan Sejarah Cirebon, tidak ditemukan nama Dewi Sarokah sebagai salah satu Putri Sunan Gunung Jati. Sebab dalam sejarah Cirebon, Sunan Gunung Jati hanya memiliki dua orang Putri yang bernama Ratu Winaon dan Ratu Ayu Wanguran. 

Dari hasil pernikahannya dengan Dewi Sarokah, Sunan Kalijaga dikisahkan memperoleh lima orang anak, yaitu (1) Ratu Pembayun, yang nantinya dinikahi Sultan Trenggono (2) Nyai Ageng Panegak (3) Sunan Hadi, (4) Raden Abdurrahman, dan (5) Nyai Ageng Ngerang III (Ayu Panengah).

Wanita terakhir yang dikisahkan pernah menjadi Istri Sunan Kalijaga adalah Syarifah Zainab, wanita ini merupakan putri dari Abdul Jalil atau Syekh Siti Jenar.

Dari pernikahan Sunan Kalijaga dengan Putri Syekh Siti Jenar, beliau memperoleh Satu orang anak, yaitu Nyai Ratu Mandoko yang tak lain, merupakan Ibu dari Jaka Tingkir atau Sultan Hadiwijaya dari Pajang. 

Penulis: Bung Fei

Posting Komentar untuk "Keturunan Sunan Kalijaga"