Sejarah Desa Cigarukgak Ciawigebang Kuningan

- November 14, 2017
Cigarukgak adalah Desa yang terletak dibawah Kecamatan Ciawigebang Kab Kuningan Jawa Barat. Ditinjau dari kemunculan nama desanya, rupanya penamaan Cigarukbak dilatarbelakangi oleh faktor kenestapaan. 

Menurut sumber-sumber obrolan orang tua di Desa Cigarukgak, dahulu pada masa penjajahan Belanda kawasan Cigarukgak dikenal sebagai kawasan subur, kondisi air melimpah, air datang tanpa henti baik dari mata air maupun dari sumur-sumur yang dibuat penduduk. Kala itu Cigarukgak belum berpenduduk. Meskipun demikian Cigarukgak dahulunya terdapat jalan penghubung desa-desa sekitar yang sudah mempunyai penduduk dan pemerintahan.
Kala itu, jalan penghubung dikawasan Cigarukgak masih berupa tanah liat, ketika musim penghujan kandungan air yang melimpah biasa menggenangi jalan, sehingga kondisi jalan waktu itu sangat becek, rusak, dan sulit untuk dilalui. Orang-orang yang biasa melawati jalan ini, kemudian menamai kawasan itu dengan sebutan Cigarukgak, yang berarti jalan yang rusak parah akibat air. 

Kata Ci sendiri dalam Bahasa Sunda bermaksud air, sementara Garukgak dalam bahasa Sunda bermaksud rusak parah, becek, Tak enak untuk dilewati. Julukan garukgak pada kawasan itu nantinya diambil sebagai nama Desa, sehingga abadi hingga kini. 
 

Start typing and press Enter to search