Sejarah Desa Karangkerta Kec Tukdana Kab Indramayu

- Maret 13, 2018
Karangkerta merupakan salah satu desa yang kini masuk dalam wilayah Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Desa ini merupakan desa pemekaran dari desa Kerticala. Pada mulanya desa Karangkerta merupakan salah satu blok yang terdapat di desa Kerticala, dahulu blok tersebut bernama blok Karangmulya.
Dimekarkannya Karangmulya, sehingga kemudian menjadi sebuah desa yang dinamakan Karangkerta penyebabnya secara dominan adalah karena unsur Politik. Pada waktu itu yang menjadi Kuwu di desa Kerticala adalah Kuwu Tasika. 


Kuwu Tasika karena sebab peraturan pemerintah tidak dapat lagi mencalonkan diri menjadi Kuwu Kerticala, kemudian memobilisasi masarakat, khususnya masarakat di blok Karangmulya untuk membuat sebuah pemerintahan sendiri.

Hingga kemudian Karangmulya berhasil membentuk pemerintahan sendiri. Desa yang baru berdiri kemudian dinamai Karangkerta. Sementara Kuwu pertama dari desa baru itu kemudian dijabat oleh Kuwu Tasika, mantan Kuwu Kerticala.

Hingga hari ini, tercatatat desa Karangkerta pernah diperintah oleh empat Kuwu atau Kepala Desa yaitu, (1) Kuwu Tasika (2) Kuwu Kandeg (3) Kuwu Cabik, dan (3) Kuwu Yono. Pada masa Kuwu Tasika tercatat Karangkerta mampu mendirikan Masjid Desa, yang mana sumber keuangannya berasal dari sumbangan masyarakat dan Pemerintah. Pada masa Kuwu Cabik, Karangkerta kemudian membangun Balaidesa, yang mana Balaidesa tersebut pada mulanya merupakan gedung serba guna, yang biasa dipakai masyarakat untuk mengelar berbagai acara.
 

Start typing and press Enter to search