Duel Arya Wiralodra VS Nitinegara

- Mei 13, 2018
Arya Wiralodra merupakan tokoh utama Pendiri Indramayu, menurut Babad Dermayu dalam rangka mendirikan Indramayu, Wiralodra mengalami berbagai hambatan yang menyertai perjalananya, dari mulai kesasar sampai pada hal-hal yang besar. Dan di antara hal-hal yang besar itu adalah upaya makar dari seorang tumenggung buangan yang bernama Nitinegara.
Baca Juga: Sejarah Pendirian Indramayu
Selepas Arya Wiralodra membangun Pedukuhan yang kemudian dinamakan Dermayu (Indramayu), Wiralodra kedatangan tamu yang mengaku sebagai mantan Tumenggung di wilayah Karawang. Ia datang ke Indramayu sembari membawa beberapa ratus pengikut setianya.

Pelarian mantan Tumenggung ini dikisahkan karena dikejar-kejar oleh VOC Belanda dan Kesultanan Banten. Dari itulah kemudian ia mendarat di Indramayu.

Pada mulanya Nitinegara bersama pengikutnya disambut baik oleh Wiralodra, mereka diberi tempat yang layak di Indramayu sebagaimana umumnya tamu. Akan tetapi rupanya kian bergantinya hari, Niti Negara memunculkan wujud aslinya.

Ia merencanakan makar, ia meninginkan menguasai Indramayu, dan menjadikan dirinya penguasa disana. Bukan itu saja, ternyata niat makar dari Niti Negara ini diungkapkan terang-terangan dihadapan Wiralodra.
Baca Juga : Keadipatian Indramayu, Masa Pendirian Kejayaan Dan Kemundurannya
Bahkan dengan tegas Niti Negara menantang Wiralodra untuk duel, dalam tantangannya itu ia menyerukan bahwa, jika Wiralodra tak sanggup mengalahkannya maka sudah selayaknya menyerahkan Indramayu kepadanya.

Mendapati tantangan dari tamunya tersebut, Wiralodra kemudian menyanggupi tangtangan itu, digelarlah kemudian duel diantara keduanya.  Akan tetapi rupanya dalam duel itu Niti Negara dipermalukan, iya bahkan dibuat tak berkutik.

Mendapati tuannya dipermalukan, para pengikut setia Niti Negara kemudian membantu tuannya, hinga terjadilah kemudian baku hantam antara Pengikut Niti Negara dan Wiralodra. Dalam kejadian baku hantam tersebut dikisahkan banyak yang tewas, meskipun demikian Wiralodra  bersama pengikutnya berhasil menumpas sebagian Pengikut Niti Negara.

Niti Negara bersama pengikutnya kemudian mengaku kalah dan memohon ampun, dan akhirnya Wiralodra kemudian terpaksa mengusir mereka dari Indramayu.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search