Sunan Muria, Wali Dari Gunung Muria Putera Sunan Kalijaga

- Juli 06, 2018
Suanan Muria mempunyai nama asli Raden Umar Said ada juga yang menyebutnya Raden Umar Syahid. Selain itu  Sunan Muria ini juga memiliki nama Jawa yaitu Raden Prawoto. Sunan Muria dalam sejarah Indonesia dikenal sebagai salah satu anggota Wali Songo yang berkiprah mendakwahkan Islam di Pulau Jawa.
Sunan Muria dipercayai sebagai putra dari Sunan Kalijaga dari istrinya yang bernama Dewi Saroh salah satu Puteri Mulana Ishaq ayah dari Sunan Giri. Maka dengan demikian dapatlah dipahami bahwa Sunan Muria merupakan kerabat atau ipar dari Sunan Giri.

Sunan Muria menikah dengan Dewi Sujinah, Puteri Sunan Ngundung, dengan demikian maka dapat dipahami juga bahwa Sunan Muria merupakan kerabat atau ipar dari Sunan Kudus karena memang Sunan Kudus sendiri merupakan anak dari Sunan Ngundung.

Hasil perkawinan Sunan Muria dengan dewi Sujinah melahirkan putera yang kelak diberi nama Pangeran Santri atau Sunan Ngadilangu/Kadilangu.
Baca Juga : Silsilah Dan Asal-Usul Para Wali Di Tanah Jawa
Dakwah yang dilakukan Sunan Muria dalam mengislamkan masyarakat Jawa rupanya meniru gaya ayahandanya Sunan Kalijaga, yaitu dengan menggunakan pendekatan budaya dan Seni, maka tidak mengherankan jika beliau banyak menghasilkan karya-karya puisi dan syair-syair nasehat Jawa. Ada juga yang beranggapan bahwa model tembang Sinom dan Kinanti dalam tembang Jawa diciptakan oleh Sunan Muria.

Nama Sunan Muria sebenarnya merupakan gelar atau julukan, Sunan sendiri bermaksud Si Suhunan atau orang yang biasa dimintai pertolongan (Pemuka) sedangkan Muria sendiri merupakan nama sebuah Gunung yang terletak di utara Kota kudus, digunung itulah beliau membangun pusat dakwahnya, hingga kemudian beliau dijuluki sebagai Sunan Muria.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search