Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ratu Sanjaya, Raja Mataram Kuno Pertama

Mataram Kuno atau dikenal juga dengan kerajaan Medang adalah kerajaan besar Nusantara yang berpusat di Pulau Jawa, tepatnya diwilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Selama berdiri lebih dari 200 Tahun, kerajaan Mataram Kuno melahirkan beberapa orang Raja, salah satu Raja yang terkemuka dari kerajaan ini adalah Ratu Sanjaya. Kata "Ratu" dalam bahasa Jawa kuno tidak selalu identik dengan perempuan, oleh karena itu dalam sejarah Jawa banyak juga Raja yang disebut Ratu diantaranya Ratu Boko dan Ratu Sanjaya.

Ratu Sanjaya menjadi terkenal sebagai raja Mataram Kuno karena eksistensinya tercatat dalam beberapa prasasti yang ditemukan.

Ratu Sanjaya alias Rakai Mataram adalah Raja Kerajaan Matarm Kuno (Medang) petama, informasi ini didapat dari Prasasti Mantyasih yang dibuat oleh Dyah Balitung pada 907 Masehi.

Dalam Prasasti tersebut dikabarkan bahwa, selepas kemangkatan seorang Raja yang bernama Sanna, Negara menjadi kacau, sehingga Sanjaya kemudian memimpin Negara hingga kemudian Rakyat tentram kembali.

Pada saat menjadi Raja Mataram pertama, Sanjaya bergelar Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya. Kabar ini terdapat dalam Prasasti Canggal dan Mantyasih.

Sanna sendiri dalam naskah Parahyangan, disebut sebagai Raja dari Kerajaan Galuh di Jawa Barat, Sanna di lengserkan dari tahta oleh Prabusora, kala itu Sanjaya adalah menantu dari Raja Sanna.

Sepeninggal Sanna, Sanjaya kemudian mendirikan Kerajaan Baru yang kelak dikenal dengan Kerajaan Medang/Mataram Kuno, ia kemudian memproklamirkan merdeka dari Galuh.

Sebelum menjadi Raja Mataram yang merdeka, Sanjaya sebenarnya adalah penguasa Mataram /Semacam Raja bawahan yang tunduk pada Galuh. Namun selepas mertuanya digulingkan dari tahta Sanjaya lebih memilih berontak dan mendirikan kerajaan Medang.

Masa pemerintahan Ratu Sanjaya diperkirakan pada tahun 717 M, tahun itu juga dianggap dari berdirinya kerajaan Medang. Sementara itu Sanjaya berhenti menjadi Raja Mataram diperkirakan pada Tahun 833 Masehi, mengingat pada tahun itu muncul Raja baru Mataram yang dikenal dengan nama Rakai Pikatan.

Baca Juga: Kerajaan Medang (Mataram Kuno)

Posting Komentar untuk "Ratu Sanjaya, Raja Mataram Kuno Pertama"