Naskah Asmaragama

- Juli 03, 2019
Naskah Asmaragama adalah salah satu naskah dri Cirebon koleksi Bambang Irianto, kode naskah 27/Pri/BLAJ-MBI/2016, naskah beraksara arab pegon dan berbahasa Jawa, bejenis prosa sementara jumlah halamannya terdiri dari 38 halaman.

Kondisi fisik naskah sudah rusak dan terlepas dari jilidan. Bagian tepi naskah. Namun, teks masih dapat dibaca. Naskah dijilid dengan menggunakan benang. Per halaman 16 baris. Tinta berwarna hitam. Terdapat cap kertas, bergambar seperti tanda panah. Jenis khat, farisi.

Naskah ini berisi cara agar dipermudahkannya rizkinya, doa berpergian, dan berbagai macam doa lainnya.
Naskah Asmaragama
Kutipan awal teks (h.3):“..Ikilah bab anyatakaken ing dalem isarat sipatè nador maring kita wèwèdèl tèka kabeh sekeh adapun ingkang katèka maring pakèn wadanane maka lamon wadon nyarah inggal maka kita tèmène pendeleng kita maring iya lamon kalah olihe aninggali wadon...”. [...Inilah bab menjelaskan mau memberi sifat nador dengan kita datang semua adapun yang datang memberi pertolongan iya maka kalau perempuan dalam maka kita benar melihat kita sama iya kalau kalah boleh meninggalkan perempuan...].

Kutipan halaman akhir (h. 37): “...Utawi ikilah utamane ning alangkah kang sajatine lanang arep awit pangandikane ning nabi sama dadanai iki kang mangadekaken ing karna pangeran balaka aja anyikta ingliyane anging kacipta asmara- asmaragama kang ilang ingulahan lanang wadone maka lanang lan wadone anut ng kulahe baginda ngali asakyama…”. [...yang sudah tidak dapat salah di akal membaca sampai 45 kali setelah wafat itu yang dibaca Allahulatifu yarzuku mayyasa…].

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search