Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Geger Setan Payung Di Cirebon

Wilayah Cirebon pernah diguncang Isu mistis, Isu tersebut bahkan membuat banyak rakyat ketakutan entah siapa yang membuatnya, gaungnya santer menyebar dari mulut kemulut. Tapi beruntung kala itu belum ada Smartphone dan Sosial Media, jika saja sudah ada, kemungkinan sebaran Isunya sebagaimana isu Setan Kolor Ijo atau barangkali isu PKI sebagaimana geger baru-baru ini.

Isu mistis yang santer kabarnya itu adalah Isu kemunculan Setan Payung, gegernya dimulai pada saat Negara diterjang krisis Moneter 1996-1997. Banyak masyarakat yang ketakutan terutamanya ibu-ibu yang memiliki anak kecil.

Dituturkan dari mulut ke mulut, oprasional setan Payung digambarkan mengerikan. Perempuan asing, sifatnya pendiam tidak banyak bicara membawa payung hitam keliling kampung di siang bolong. Sesuatu yang tidak lazim dalam masyarakat Cirebon mengingat biasanya payung baru digunakan masyarakat Cirebon hanya pada musim penghujan.

Keangkeran wanita berpayung itu diceritakan menyeramkan, meskipun ia tidak menculik, menggangu orang ataupun melukai orang secara terang-terangan, akan tetapi bilamana ada seseorang yang menanyakan “ Bu Ko Siang-Siang Bawa Payung..?” maka si wanita misterius itu akan menjawab "Buat Memayungi Kamu..!”. Konon tidak lama setelah penanya mendapat jawaban tersebut, sesampainya dirumah ia mendadak sakit kemudian meninggal.

Dalam tradisi masyarakat Cirebon, payung hitam selain digunakan untuk keperluan dimusim penghujan, jenis payung itu juga secara tradisi dijadikan sebagai salah satu perlengkapan penguburan jenazah.

Payung hitam biasanya dibawa keluarga jenazah manakala mayit dibawa ke liang lahat menggunakan katil.

Payung tersebut juga nantinya diletakan mengembang di atas kubur/pusara selepas prosesi pemakan selesai, oleh karena itu makna filosofis dibalik jawaban setan payung "Buat Memayungi Kamu..!" maksudnya untuk memayungi kuburmu.
Ilustrasi
Isu setan payung yang disampaikan dari mulut ke mulut, seperti meyakinkan, seolah-olah kejadian tersebut benar-benar ada, bahkan dalam beberapa kasus kematian, tidak jarang dikait-kaitkan dengan sepak terjang Setan Payung.

Isu Setan Payung di Wilayah Cirebon membawa dampak ketakutan bagi sebagaian masyarakat Cirebon selama berbulan-bulan, meskipun pada akhirnya Isu tersebut kemudian menghilang dengan sendirinya, menghilang dengan meninggalkan misteri. Sebab sampai detik ini tidak ada yang tau pasti siapa dalang dibalik  gegernya isu setan payung di Cirebon.

Penulis : Bung Fei
Editor : Sejarah Cirebon

Posting Komentar untuk "Geger Setan Payung Di Cirebon"