Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tokoh-Tokoh dalam Sejarah Cirebon

Berdirinya suatu kerajaan yang melahirkan peradaban tentu tidak terlepas dari adanya para tokoh sejarah yang terlibat di dalamnya. Tokoh yang dikisahkan dalam sejarah Cirebon jumlahnya sangat banyak, akan tetapi dari yang banyak tersebut ada beberapa tokoh yang dianggap sebagai tokoh utama dalam sejarah terbentuknya Cirebon hingga masa-masa setelahnya.

Tokoh-tokoh dalam sejarah Cirebon ya g dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Ki Gede Alang-Alang

Ki Gede Alang-Alang adalah julukan untuk Bramacari Siramarna, merupakan Kuwu Cirebon pertama. Beliau juga merupakan mertua Pangeran Walangsungsang yang kelak menjadi Kuwu Crebon pengganti dirinya.

2. Pangeran Walangsungsang

Merupakan Kuwu Cirebon pertama, namanya banyak diantaranya Pangeran Cakrabuana, Abdullah Iman, Ki Gede Sela Pandan dan masih banyak yang lainnya. Pangeran Walangsungsang merupakan anak Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi) Raja Kerajaan Pajajaran. 

3. Syekh Nurjati

Merupakan ulama terkemuka yang tinggal di Gunung Jati, nama lainnya Syekh Datul Kahfi, beliau merupakan guru sekaligus mertua Pangeran Walangsungsang. Selain itu Syekh Nurjati juga merupakan guru Sunan Gunung Jati.

4. Rara Santang

Merupakan adik Pangeran Walangsungsang, beliau juga adalah putri Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi) Raja Kerajaan Pajajaran.  Rara Santang dikemudian hari menikah dengan bangsawan Mesir dan melahirkan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati). 

5. Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah adalah anak Rara Santang dengan laki-laki asal Mesir. Ayah Sunan Gunung Jati dalam sumber sejarah Cirebon bernama Sultan Hud. Sunan Gunung Jati dikemudian hari menjadi Sultan pertama Cirebon dan mendirikan Kesultanan Cirebon bersma uwaknya Pangeran Walangsungsang. 

6. Arya Kuningan

Arya Kuningan adalah anak angkat Sunan Gunung Jati asal Luragung yang kelak diangkat oleh Sunan Gunung Jati selaku Sultan Cirebon untuk menjadi Adipati Kuningan. Selain menjadi Adipati Kuningan, Arya Kuningan juga pernah menjadi Panglima perang Kesultanan Cirebon. 

7. Pangeran Jaya Kelana

Adalah anak Sunan Gunung Jati pertama dikenal sebagai anak yang nakal, yang bersangkutan akhirnya diasingkan di sebuah pulau terpencil di utara Cirebon.

8. Pangeran Brata Kelana

Adalah anak Sunan Gunung Jati dan adik Pangeran Jaya Kelana, Pangeran ini dikenal karena wafat dilautan ketika pulang dari Demak menuju Cirebon, beliau wafat dirampok di laut Cirebon sehingga kemudian dijuluki dengan nama Pangeran Seda Ing Lautan.

9. Pangeran Pasarean

Pangeran Pasarean adalah anak Sunan Gunung Jati yang juga wafat di Demak, beliau pada mulanya direncanakan akan menggantikan ayahnya sebagai Sultan di Kesultanan Cirebon

10. Panembahan Losari

Adalah cucu Sunan Gunung Jati yang berkuasa di Losari. 

11. Panembahan Ratu

Adalah Sultan Cirebon ke II pengganti Sunan Gunung Jati, beliau merupakan cicit Sunan Gunung Jati

12. Panembahan Girilaya

Adalah Sultan Cirebon ketiga merupakan anak dari Panembahan Ratu. Beliau wafat di Girilaya Mataram. 

13. Pangeran Mertawijaya

Adalah Sultan Kasepuhan pertama, merupakan anak Panembahan Girilaya

14. Pangeran Kerawijaya

Adalah Sultan Kanoman pertama, juga merupakan anak Panembahan Girilaya.

15. Sultan Matangaji

Sultan yang dikenal karena melakuakan pemberontakan pada Belanda, beliau dibunuh oleh sudaranya sendiri Ki Muda. 

Posting Komentar untuk "Tokoh-Tokoh dalam Sejarah Cirebon"