Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batman dalam Kehidupan Nyata

Batman yang kita kenal hari ini adalah tokoh fiksi yang digambarkan sebagai pahlawan bertopeng dengan dandanan bergaya kampret yang beroprasi memberantas kejahatan di dimalam hari. Tokoh fiksi ini kisah dan ceritanya dapat ditemui di komik dan filem.  

Belum banyak orang yang tahu jika mulanya tokoh Batman ada dalam kehidupan nyata, tokoh Batman mulanya dipernakan oleh Bill Smith, laki-laki asal Inggris yang pindah ke New York Amerika Srikat pada tahun 1870.

Saat tinggal di New York, Smith menghidupi dirinya dan keluarganya dengan cara mendirikan toko sembako. 

Toko yang dikelola oleh Smith cukup ramai, hingga ia dan keluarganya hidup berkecukupan, namun pada suatu hari, tokonya disatroni penjahat, ia dan keluarganya hampir saja cilaka, selain itu uang dan beberapa barang dagangan di tokonya ludes dibawa penjahat. 

Mulanya atas musibah yang menimpanya, Smith lapor Polisi akan tetapi Polisi USA yang kala itu masih amatir tidak melakukan apa-apa, sehingga ia kecewa dan berinisiatif untuk memberantas para penjahat di Kota New York dengan caranya sendiri. Yaitu mengejar para penjahat, pencuri dan bandit dimalam hari. 
Guna menjalankan misinya, Smith meminta bantuan pegawainya Robin untuk menjaga tokonya, sementara Smith sendiri melakukan ronda di Kota New York terutama dilingkungan tokonya untuk mencari kemungkinan adanya penjahat, pengacau, dan pemabuk.

Pada tahun 1878 Smith ditangkap Polisi, ia didakwa menangkap dan memukul pencuri yang akan menyatroni tokonya dengan kaki domba yang ia bawa di bahunya. Namun hakim membebaskannya begitu saja.

Beberapa tahun kemudian, Smith mengenakan topeng untuk menyembunyikan identitasnya dan menghindari kemumgkinan pembalasan oleh penjahat terhadap keluarganya.

Karena tingkah lakunya,.Smith menjadi sangat terkenal. Banyak Polisi yang menghormatinya. Orang-orang New York kala itu mengangap Smith sebagai pahlawan penjaga malam. Smith meninggal pada 1896, ia meninggal karena penyakit hipotermia.

Kisah Smith yang melakukan siskamling atau ronda dimalam hari dengan mengenakan Topeng kelelawar tersebut dicatat oleh asistennya Robin dalam buku diary-nya. 

Bahkan, Robin menyertakan foto Smith di buku Diary-nya ketika mengenakan topeng kelelawar. Ia juga menuliskan dalam catatan akhir di buku diary-nya, katanya
"Semua orang lokal pernah mendengar tentang Batman ini". 

Kelak, buku Diary Robin itu ditemukan oleh seorang pembuat Komik, dari buku Diary itulah sang pembuat komik menciptakan karakter tokoh Batman, pahlawan bertopeng kelelawar yang memberantas kejahatan di malam hari. 

Posting Komentar untuk "Batman dalam Kehidupan Nyata"