Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Desa Gombang, Kec Plumbon Kab Cirebon

Sejarah Desa Gombang, Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon dikait-kaitkan dengan salah satu tokoh yang bernama Ki Danulampa atau Ki Manggis. 
Ki Danulampa konon hidup semasa dengan Sultan Cirebon pertama, Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. 

Ki Danulampa datang ke wilayah yang kini disebut sebagai Desa Gombang itu karena kesengajaan. Beliau ditugaskan Sunan Gunung Jati untuk membangun perkampungan agar wilayah Kesultanan Cirebon menjadi ramai dan makmur. 

Bersama dengan beberapa pengikutnya, Ki Danulampa menemukan tempat yang menurut mereka cocok untuk dijadikan perkampungan, karena tempat tersebut subur, terbukti dari banyaknya kubangan air (Dalam Bahasa Cirebon disebut Gombang) yang ada di daerah tersebut. 

Ki Danulampa bersama pengikutnya membangun wilayah tersebut dengan sungguh, hingga terciptalah perkampungan yang didalamnya terdapat bermacam fasilitas yang telah dibuat, seperti balai desa, perkebunan/persawahan hingga tempat ibadah. 

Lama kelamaan, banyak penduduk sekitar yang mendaftarkan diri menjadi warga baru di perkampungan yang dibangun Ki Danulampa. Sehingga tempat tersebut dengan cepat menjadi perkampungan yang ramai. 

Waktu itu, perkampungan yang didirikan Ki Danulampa belum bernama, karena pada mulanya beliau kebingungan untuk menamainya. Akhirnya berdasarkan rapat para tetua dan penduduk diputuskan nama "Gombang" dijadikan sebagai nama desa. Nama tersebut diambil sebagai pengingat bahwa dahulu di daerah tersebut banyak sekali "Gombang". 

Begitulah sejarah singkat mengenai Desa Gombang Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon yang dituturkan dari generasi ke generasi. 

Posting Komentar untuk "Sejarah Desa Gombang, Kec Plumbon Kab Cirebon"