Riwayat Ki Tinggil, Salah Satu Pendiri Indramayu

Ki Tinggil namanya disebut-sebut dalam sejarah Indramayu, tokoh ini dikisahkan sebagai salah satu tokoh yang turut serta mendirikan Indramayu. Bahkan beliau diceritakan sebagai Kuwu Indramayu pertama.

Ki Tinggil dalam sejarah Indramayu digambarkan sebagai pria setengah baya yang berasal dari Bagelen. Ia bekerja sebagai abdi dalem di Kadipaten Bagelen (Jawa Tengah). 


Kinerja Ki Tinggil yang baik, membuat Adipati Singalodra menaruh kepercayaan padanya, sehingga ia dipercayai mengurus putra-putri sang Adipati Bagelen itu. Namun, diantara sekian banyak anak-anak Adipati, yang paling dekat dengannya adalah Arya Wiralodra. 
Babad Indramayu mencatat, ketika Arya Wiralodra mengembara ke wilayah barat pulau Jawa untuk membentuk perkampungan, Adipati Singalodra memerintahkannya agar menyusul sang Pangeran. Harapannya Ki Tinggil dapat membantu dan sekaligus menemani Wiralodra. 

Pengembaraan Wiralodra ke wilayah barat Pulau Jawa yang berjalan lancar tersebut sedikit banyaknya karena bantuan Ki Tinggil, sebab beliau menemani Wiralodra hingga keduanya menemukan tempat yang cocok untuk dibangun perkampungan. 

Selepas perkampungan yang dicita-citakan Wiralodra berhasil didirikan, dan banyak dihuni penduduk, Wiralodrapun menghormati Ki Tinggil dengan cara mengangkatnya sebagai Kuwunya. 

Babad Indramayu mencatat bahwa, diangkatnya Ki Tinggil menjadi Kuwu oleh Wiralodra dikarenakan selepas perkampungan yang kemudian hari disebut Indramayu itu selesai dibentuk, Wiralodra pamit untuk mengunjungi orang tuanya di Bagelen, sehingga Ki Tinggil diangkat oleh Wiralodra menjadi Kuwu atau Kepala Padukuhan yang telah dibangun. 

Ketika Wiralodra datang kembali ke Perkampungan yang ia buat, ia tetap menghormati Ki Tinggil sebagai orang tua dan tetap memberikan kedudukan sebagai Kuwu. Meskipun demikian pada tahap selanjutnya ketika perkampungan Indramayu (Darma Ayu) menjadi maju dan diputuskan menjadi kerajaan kecil (Kadipaten) bawahan Raja Galuh oleh Prabu Cakraningrat, Aryawilaodra lah yang kemudian diangkat menjadi Bupati atau Adipati pertamanya. 

Ki Tinggil wafat di Indramayu dan dikuburkan di Blok Karangbaru Desa Sindang Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu. Makamnya berada di Komplek Pemakaman Wiralodra I. Ia dimakamkan di tempat yang tidak jauh dengan makam Arya Wiralodra. 

Belum ada Komentar untuk "Riwayat Ki Tinggil, Salah Satu Pendiri Indramayu"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel