Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nyimas Kawunganten, Istri Kedua Sunan Gunung Jati

Selama hidupnya Sunan Gunung Jati pernah menikah dengan enam orang wanita, dan salah satunya adalah Nyimas Kawanganten. 

Nyimas Kawunganten adalah istri kedua Sunan Gunung Jati. Menurut Naskah Carita Parahyangan, Nyimas Kawunganten adalah anak Sang Surosowan, adapun tokoh Sang Surosowan sendiri merupakan anak Prabu Siliwangi dengan Kentring Manik Mayang Sunda. 

Sang Surosowan juga merupakan adik kandung dari Sang Surawisesa (Prabu Surawisesa) Raja Pakuan Pajajaran Pengganti Prabu Siliwangi. 

Sementara itu, menurut Naskah Mertasinga Nyimas Kawanganten adalah anak Permadi Puti, yaitu anak Prabu Siliwangi yang menjadi raja di Kerajaan Cangkuang, salah satu kerajaan bawahan Pajajaran. 

Menurut Carita Parahyangan, Sang Surosowan menjadi Pucuk Umun (Raja Daerah) di Banten, dia mempunyai dua anak, yaitu Arya Surajaya dan Nyimas Kawunganten. Anak laki-lakinya kelak menjadi Pucuk Umun Banten pengganti ayahnya, sementara adiknya menikah dengan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati)

Menurut Naskah Carita Purwaka Caruban Nagari, Sunan Gunung Jati menikah dengan Nyimas Kawunganten terjadi pada tahun 1475, selanjutnya pada tahun 1577 keduanya dianugerahi seorang anak perempuan yang diberi nama Ratu Winahon. 

Dua tahun selepas itu, yaitu pada tahun 1579 Nyimas Kawunganten melahirkan anak laki-laki. Anak tersebut diberi nama Maulana Hassanudin, putra ini juga dikenal dengan nama Pangeran Sebakingkin. 

Ratu Winahon, anak pertama Nyimas Kawunganten kelak diperistri oleh Pangeran Atas Angin (Muhamad Al-Minangkabawi) anak dari Sultan Pagaruyung (Minakabau) Sumatra Barat. 

Sementara Maulana Hasanuddin, anak laki-laki Nyimas Kawunganten, nantinya menjadi Sultan Banten pertama, sebelum menjadi Sultan, beliau dinikahkan dengan Ratu Ayu Kirana, anak Sultan Trenggono dari Demak. Dari perkawinan keduanya pula nantinya dilahirkan para Sultan Banten selanjutnya. 

Kisah mengenai Nyimas Kawunganten, Istri Sunan Gunung Jati kedua juga dapat anda simak pada Vidio berikut ini;
Penulis: Bung Fei
Editor : Sejarah Cirebon

Posting Komentar untuk "Nyimas Kawunganten, Istri Kedua Sunan Gunung Jati"