Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Makam Raden Walangsungsang

Raden Walangsungsang adalah anak Prabu Siliwangi tertua, ibunya Subang Larang putri Ki Gedeng Tapa penguasa Negeri Singapura (Cirebon).

Raden Walangsungsang yang juga dijuluki Pangeran Cakrabuana banyak menghabiskan waktunya di Cirebon. Sehingga beliau wafat di Cirebon dan dimakamkan di kota itu juga. 

Letak Makam Raden Walangsungsang

Letak Makam Raden Walangsungsang yang asli berada di Gunung Sembung, yaitu suatu Gunung kecil di Utara Cirebon yang juga dikenal dengan nama Komplek Pemakaman Sunan Gunung Jati Cirebon. 

Selain di Gunung Sembung memang terdapat beberapa makam Raden Walangsungsang akan tetapi itu hanya sebagai petilasan saja. 

Letak Makam Raden Walangsungsang pada areal pemakaman Gunung Sembung dapat anda lihat pada gambar berikut ini:

Denah Pemakaman Gunung Sembung

Berdasarkan gambar denah pada komplek pemakaman Gunung Sembung di atas, maka makam Raden Walangsungsang terletak pada no 7. Berdampingan dengan makam Ong Tien istri Sunan Gunung Jati dari Cina.

Riwayat Singkat Raden Walangsungsang

Sejak muda, Raden Walangsungsang keluar dari Istana Pajajaran untuk berguru agama Islam, salah satu gurunya adalah Syekh Nurjati.

Oleh gurunya Radwan Walangsungsang diperintahkan mendirikan perkampungan, kelak perkampungan tersebut berubah menjadi Kerajaan Islam yang bernama Cirebon. 

Meskipun Raden Walangsungsang orang yang mula-mula mendirikan Cirebon, beliau lebih memilih keponakannya Syarif Hidayatullah untuk dijadikan Sultan Cirebon pertama, sementara ia sendiri terus mendampingi keponakannya dalam membangun dan mendakwahkan Islam di Cirebon.

1 komentar untuk "Letak Makam Raden Walangsungsang"

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.