Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silsilah Tumenggung Gagak Singalodra

Nama Tumenggung Gagak Singalodra dapat ditemui dalam beberapa buku Sejarah Indramyu, tokoh ini pula dinyatakan sebagai ayah dari Arya Wiralodra pendiri Kabupaten Indramayu. Lalau siapa sebetulnya Tumenggung Gagak Singalodra itu..? 

Menurut Babad Dermayu, Naskah Kuno asal Indramayu yang dijadikan sebagai landasan Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam merekonstuksi sejarah Indramayu menyebutkan jika Tumenggung Gagagak Singalodra adalah anak dari Raden Gagak Kumitir. Bapaknya merupakan penguasa yang memerintah di Kedu.

Sementara Raden Gagak Kumitir dikisahkan sebagai anak dari Raden Lawono (Adipati Lowana Dalem Bagelen). Sementara Raden Lawono dikisahkan sebagai anak dari pasangan Panembahan Kiai Barata dan Nyai Barata, salah satu pejabat Majapahit yang berkedudukan di Gunung Sumbing. 

Ilustrasi
Gunung Sumbing, sekarang merupakan  gunung api yang terdapat di Jawa Tengah, Indonesia. (Ketinggian puncak 3.371 mdpl), gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Gunung ini secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang; Kabupaten Temanggung; dan Kabupaten Wonosobo. Bersama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung. Celah antara gunung ini dan Gunung Sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan kota Temanggung dan kota Wonosobo. 

Adapun Kiai Barata adalah keturunan dari Raden Kartiwangsa bin Raden Mangkayuda bin Jaka Kuat, leluhur dari Kiai Barata dikisahkan sebagai Pejabat Majapahit keturunan Pajajaran (Jaka Kuat) yang menjadi pejabat di Mataram (Mataram zaman Majapahit). 

Silsilah Tumenggung Gagak Singalodra jika direkonstuksi dalam sebuah urutan Silsilah adalah sebagai berikut:

  1. Jaka Kuat (Pajajaran), berputra
  2. Raden Mangkayuda (Tumennggung di Mataram), berputra
  3. Raden Kartiwangsa (Tumennggung di Mataram), berputra
  4. Panembahan Kiai Barata, (Panembahan di Sumbing), berputra
  5. Raden Lawono, (Tumenggung Bagelen), berputra
  6. Raden Gagak Kumitir (Tumenggung di Kedu), berputra
  7. Raden Wirakusuma, (Tumenggung Bagelen), berputra
  8. Raden (Tumenggung) Gagak Singalodra, (Tumenggung Bagelen) berputra
  9. Raden Arya Wiralodra (Pendiri dan Adipati Indramayu).

Anak-anak Tumenggung Gagak Singalodra

Selain Raden Arya Wiralodra, Tumenggung Gagak Singalodra juga mempunyai beberapa anak, yaitu :

  1. Raden Wangsanegara
  2. Raden Wangsayuda
  3. Raden Arya Wiralodra
  4. Raden Tanujaya
  5. Raden Tanujiwa

Demikian silsilah Tumenggung Gagak Singalodra menurut Babad Dermayu. Adapun babad dermayu dimaksudkan dalam artikel ini adalah Naskah Babad Dermayu yang terdapat dalam Katalog Naskah Indramayu 2016, yang disusun oleh Cristhomy dan Nurhata. 

Penulis : Bung Fei

Posting Komentar untuk "Silsilah Tumenggung Gagak Singalodra"