Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal-Usul Munculnya Nama Indramayu

Indramayu kini menjadi nama Kabupaten di Jawa Barat, yaitu suatu Kabupaten yang terkenal sebagai lumbung Padi Nasional dan tempat berdirinya Kilang Minyak terbesar di Asia Tenggara. Mengenai asal-usul munculnya nama Indramayu rupanya tercatat dalam sejarah Indramayu.

Dahlu, sebelum dinamakan Indramayu, daerah itu dikenal sebagai Bandar Cimanuk (Kota Cimanuk) salah satu kota pelabuhan milik kerajaan Sunda yang eksistensinya tercatat oleh seorang Portugis yang bernama Tome Pires ketika mengunjungi Jawa pada tahun 1512 hingga 1513 Masehi. 

Kota Indramayu Dari Udara

Selanjutnya, sebagaimana yang diinformasikan dalam Sejarah Indramayu yang disusun oleh Pemkab Indramayu menyebutkan jika selepas kedatangan Arya Wiralodra ke Cimanuk, tokoh asal Bagelen itu mendirikan perkampungan baru di dekat Bandar Cimanuk. Kelak perkampungan tersebut ia namai "Darma Ayu" nama tersebut terinspirasi dari wanita pujaan hatinya yang bernama Endang Darma, dan karena rupanya ayu, wanita tersebut biasa dipanggil dengan "Darma Ayu".

Baca Juga: Sejarah Indramayu, Disertai Tokoh-Tokoh Penting

Selanjutnya, karena pelafalan, lama kelamaan orang-orang lebih suka menyebut dareah yang dibangun oleh Arya Wiralodra itu dengan nama "Dermayu". 

Sementara itu, dalam kaitannya dengan perubahan dari Dermayu menjadi Indramayu ada dua versi, dalam versi pertama menyatakan jika perubahan diakibatkan dari penggabungan nama gelar Arya Wiralodra "Indra" (Saat menjadi Penguasa Bandar Cimanuk Arya Wiralodra digelari Prabu Indrawijaya oleh Prabu Cakraningrat)" dan "Dermayu", sehingga kemudian menjadi "Indra Dermayu", namun lagi-lagi karena pelafalan, maka kalimat Indra Dermayu itu kemudian berubah menjadi "Indramayu"

Sementara versi yang kedua menyebutkan jika penggunaaan kata Indramayu adalah terjadi masa penjajahan Belanda, orang Belanda kesultan menuliskan dan melafalkan Dermayu, sehingga mereka dalam urusan administrasi menggantinya dengan kata "Indramayu".

Penjelasan mengenai asal-usul munculnya nama Indramayu juga dapat anda fahami pada vidio berikut ini; 

Baca Juga : Sejarah Indramayu Versi Baru

Penulis : Bung Fei

Posting Komentar untuk "Asal-Usul Munculnya Nama Indramayu"