Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anak-Anak Raden Wijaya Pendiri Majapahit

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, yaitu pada artikel "Istri-Istri Raden Wijaya Pendiri Kerajaan Majapahit" bahwa selama hidupnya Raden Wijaya dikisahkan menikahi enam orang wanita, yaitu empat putri Raja Kertanegara (Raja Singasari) dan dua Putri dari Raja Darmasraya (Sumatra).

Dari keenam wanita yang dikawini oleh Raden Wijaya, hanya dua wanita saja yang pada akhirnya melahirkan keturunan, yaitu (1) Dara Petak, dan (2) Dyah Dewi Gayatri. 

Anak Raden Wijaya dari Dara Petak adalah Jaya Negara, kelak Jaya Negara sepeninggal Raden Wijaya diangkat menjadi Raja Majapahit kedua penggantinya. Sebetulnya anak Raden Wijaya yang satu ini adalah anak selir, akan tetapi karena Permaisuri Raden Wijaya tidak memiliki anak, dan istri lainnya juga hanya melahirkan anak perempuan maka yang diangkat menjadi penggantinya adalah Jaya Negara.

Jaya Negara lahir dari Dara Petak, ibunya merupakan wanita Rampasan Perang atau tanda takluk Raja Darmasraya kepada Raja Singasari ketika Singasari melancarkan ekspedisi Pamalayu di Sumatra. 

Ilustrasi Anak-Anak Raden Wijaya

Anak Raden Wijaya dari Dyah Dewi Gayatri menurut Kakawin Negarakertagama ada dua orang, yaitu (1) Dyah Gitaraja (Tribwana Tunggarajadewi), dan (2) Dyah Wiyat. Akan tetapi dalam sumber yang lain dari wanita ini Raden Wijaya memperoleh tiga orang anak, yaitu (1) Tribwana Tunggadewi, (2) Bre Kahuripan, dan (3) Raja Dewi Maharajasa.

Kelak, anak pertama Raden Wijaya dari Gayatri, yaitu Tribawana Tunggarajadewi menjadi Raja perempuan pertama Majapahit selepas meninggalnya Jaya Negara. Hal itu dikarenakan Jaya Negara tidak memiliki seoerang anak.

Baca Juga : Istri-Istri Raden Wijaya, Pendiri Majapahit

Posting Komentar untuk "Anak-Anak Raden Wijaya Pendiri Majapahit"