Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal-Usul Gocah Pahlawan, Pendiri Kesultanan Deli

Kesultanan Deli adalah salah satu Kesultanan yang terletak di Sumatra Utara, Kesultanan ini didirikan oleh seorang yang berjuluk Panglima Gocah Pahlawan pada sekitar tahun 1632 Masehi. 

Mengenai asal-usul Gocah Pahlawan ternyata ada beberapa sumber sejarah yang mengisahkannya, salah satunya adalah Hikayat Deli. Dalam Hikayat Deli, Gocah Pahlawan atau juga disebut sebagai Gojah Pahlawan nama aslinya adalah Muhmad Dalik, sumber lain menyebutnya Dalik Khan. 

Muhamad Dalik Khan, merupakan orang India (Delhi) yang pada mulanya merantau ke Sumatra (Aceh), ia tinggal di Kuta Raja (Banda Aceh) sebagai pendatang. 

Pada suatu hari, di Kuta Raja, Gajah Tunggangan Sultan Iskandar Muda mengamuk, sehingga melukai banyak orang, tanpa diduga-duga Muhamad Dalik Khan mampu menjinakan Gajah tersebut, atas peristiwa itu Sultan kemudian mengangkatnya sebagai Prajurit dan menganugerahinya gelar Gojah Pahlawan atau Gocah Pahlawan, karena mampu menjadi Pahlawan dalam menjinakan Gajah. 

Dimasa Sultan Iskandar Muda naik tahta (1607-1636), Gocah Pahlawan merupakan salah satu Prajurit Aceh yang turut andil mewujudkan cita-cita Iskandar Muda dalam menaklukan negeri-negeri di sekitar Aceh, sehingga atas prestasinya itu Gocah Pahlawan diangkat menjadi salah satu Panglima perang Kerajaan Aceh Darussalam.

Kiprah Gocah Pahlawan sebagai Panglima dikisahkan sangat membanggakan, misi pertempuran yang ia emban umumnya sukses sehingga ia disenangi oleh Sultan, oleh itu Iskandar muda kerap kali menugaskan Panglima Gocah Pahlawan untuk menjalankan misi penaklukan ke berbagai Kerajaan tetangga.

Hubungan baik antara Panglima Gocah Pahlwan dan Sultan Iskandar Muda dalam catatan Hikayat Deli seketika berantakan ketika, Iskandar Muda tertarik pada kecantikan istri Gocah Pahlawan, wanita yang menjadi Istri Gocah Pahlawan itu bernama "Khairul Bariyyah".

Ilustrasi Gocah Pahlawan

Kharul Bariyah dikisahkan sebagai wanita cantik asal Kerajaan Pahang yang dahulu dikawini Gocah Pahlawan ketika ia menjalankan misinya menaklukan Pahang dibawah bendera Kerajaan Aceh. Dengan wanita ini, Gocah Pahlawan sebetulnya mempunyai seorang Putri yang diberi nama "Shafiyah".

Ketertarikan Sultan Iskandar Muda pada kecantikan Khairul Bariyah sudah tidak dapat dibendung lagi, oleh itu ketika Panglima Gocah Pahlawan sedang mengemban misi untuk memerangi Kerajaan Sambas, terjadi perselingkuhan antara Sultan Iskandar Muda dan Khairul Bariyah.

Baca Juga : Kisah Perselingkuhan Iskandar Muda 

Singkat Cerita, Perelingkuhan Raja dan Istrinya diketahui oleh Gocah Pahlawan, sehingga ia sangat kecewa pada Raja dan Istrinya oleh itu ia lebih memilih mencerikan istrinya untuk kemudian terus menjadi Penakluk di negeri-negeri yang ditaklukannya. 

Pada akhirnya, ketika Aceh menaklukan Aru, Gocah Pahlawan membangun sebuah Kerajaan baru yang dikemudian hari dikenal dengan Deli. Menurut hikayat Deli, bahwa nama Deli diambil sebagai bentuk kecintaan Gocah Pahlawan terhadap tanah kelahirannya Deli (Delhi) di India sana. 

Posting Komentar untuk "Asal-Usul Gocah Pahlawan, Pendiri Kesultanan Deli"