Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anak-Anak Prabu Surawisesa

Anak-Anak Prabu Surawisesa-Prabu Surawisesa adalah Raja Pajajaran yang memerintah Pajajaran dari mulai tahun 1521 hingga tahun 1535 Masehi. 

Prabu Surawisesa adalah anak tertua dari pasangan Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi dengan Mayang Sunda. 

Hasil pernikahan Prabu Siliwangi dengan Mayang Sunda menghasilkan tiga anak, yaitu (1) Surawisesa (2) Sang Surasowan, dan (3) Dewi Surawati. 

Sebelum diangkat menjadi Raja Pajajaran,  Surawisesa pernah menjabat sebagai Raja bawahan Pajajaran di Sunda Kalapa (Jakarta), beliau menjabat sebagai penguasa Sunda Kalapa dari tahun 1513-1521. 

Saat ayahnya mangkat pada 1521, Surawisesa diangkat menjadi Raja Pajaran slanjutnya. Beliau menjabat sebagai Raja Pajajaran hingga kewafatannya pada tahun 1535 Masehi. 

Menurut Carita Parahyangan, bahwa Surawisesa menikah dengan Kiranawati, dari perkawinan keduanya melahirkan beberapa anak, diantaranya adalah "Dewata Bhuana", dan "Dharma Bhuana". 

Jadi menurut Carita Parahyangan, anak-anak Prabu Surawisesa yang tercatat adalah Dewata Bhuana yang kelak menjadi Raja Pajajaran ketiga, serta seorang pangeran yang diberi nama Dharma Bhuana yang nantinya menjadi Raja bawahan Pajajaran di Srendet
Ilustrasi: Prabu Surawisesa 

Masa Pemerintahan Prabu Surawisesa 

Masa pemerintahan Prabu Surawisesa dipenuhi dengan gejolak pemberontakan, sebab selepas Pajajaran meneken kesepakatan dengan Portugis, sebanyak 16 Kerajaan bawahan Pajajaran yang mayoritas rakyat dan Rajanya memeluk Islam melakukan pemberontakan, mereka menuntut kemerdekaan. 

Prabu Surawisesa yang memilih jalan penyerbuan pada negeri-negeri wilayah kekuasaannya yang memberontak membuat sebagian rakyat Pajajaran benci terhadap negara, sehingga mereka berhijrah ke Cirebon, Negara Islam yang kala itu diprintah oleh anak dan cucu Prabu Siliwangi. 

Kelak antara Cirebon dan Pajajaran terjadi peperangan besar selama bertahun-tahun yang mengakibatkan jatuhnya sebagian wilayah kerajaan Pajajaran kedalam kekuasaan Cirebon dan sekutunya Demak.


Posting Komentar untuk "Anak-Anak Prabu Surawisesa "