Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Istri dan 9 Anak Pangeran Walangsungsang

Pangeran Walangsungsang adalah Putra pertama dari Pasangan Sri Baduga Maharaja dengan Prabu Siliwangi (Sri Baduga Maharaja). 

Menurut Naskah Carita Purwaka Caruban nagari, bahwa Istri pertama dari Pangeran Walangsungsang adalah Endang Geulis, Putri dari Ki Gede Danuwarsih. Kelak Putri ini menikah dengan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati).

Masih Menurut Naskah Carita Purwaka caruban nagari & Naskah Kuningan, bahwa istri kedua Pangeran Walangsungsang adalah Nyai Rasa Jati, Putri Ula Besar Campa yang bernama Syekh Jatiswara, dari hasil perkawinan ini menghasilkan 7 orang anak, semuanya perempuan. Anak-anak yang dimaksud adalah : 

Rara Konda, putri ini nantinya berjodoh dengan Gedeng Trusmi (Ki Gede Trusmi)

Rara Jatimerta (Rara Sejati), putri ini nantinya berjodoh dengan Ki Gedeng Jati (Syekh Datuk Kahfi)

Rara Jemaras, putri ini nantinya berjodoh dengan Ki Gedeng Rimang (Patih Keling), namun suami pertamanya ini meninggal sehingga kemudian menikah kembali dengan tokoh yang bernama Kujamani.

Nyi Mertasinga, putri ini nantinya menikah dengan Pangeran Karangkendal, tokoh yang dalam sumber sejarah lain dikenal dengan nama Syekh Magelung Sakti, pengelana asal Syam yang menjadi penguasa di Desa Karangkendal. 

Nyi Japamentar, putri ini kelak berjodoh dengan Pangeran Suphetak, yang kelak menjadi penguasa di desa Kapetkan sehingga suaminya ini juga dikenal dengan nama Ki Gede Kapetkan.

Nyi Jamarta atau Nyi Jamaras, putri ini dikisahkan wafat muda, sehingga belum sempat menemukan jodohnya.

Nyi Rasamala atau Nyi Rasamalasih, putri ini dikemudian hari dinikahkan dengan Pangeran Panjunan (Syarif Abdurahman) yang dikemudian hari menjadi pengusa di Panjunan.

Selanjutnya Istri ketiga Pangeran Walangsungsang adalah Nyai Kencana Larang Putri Ki Gede Alang-Alang. Dengan putri ini Pangeran Walangsungsang memperoleh satu orang anak yaitu pangeran Cirebon, kelak pangeran Cirebon menikah dengan Nyai Cupluk Putri Ki Gedeng Trusmi dan melahirkan Putra yang diberinama Manggana Jati dimana masa kecilnya bernama Bung Cikal. Putra ini juga dikenal dengan nama Pangeran Trsumsi. 

Posting Komentar untuk "3 Istri dan 9 Anak Pangeran Walangsungsang"