Situs Makam Arya Wiralodra I

- Maret 25, 2017
Raden Bagus Arya Wiralodra menurut sejarah Indramayu merupakan sosok pendiri Indramayu. Beliau merupakan seorang anak dari penguasa Bagelen Jawa tengah yang bernama Singalodra. 

Masih menurut sejarah Indramayu, Wiralodra mendirikan dan kemudian menjadi penguasa di Indramayu setelah sebelumnya menduduki Cimanuk atas restu dari kesultanan Demak. Arya wiralodra dimakamkan di Blok Karangbaru, Desa Sindang, Kecamatan Sindang Kab Indramayu. 

Baca Juga:

Bagi para pembaca yang ingin mengunjung makam beliau kemudian kesulitan mencarinya karena bukan orang Indramayu asli, maka patokannya adalah Gor singalodra atau Pengadilan agama Indramayu. Kuburan atau makam tersebut tepat di belakang Gor Singalodra.

Kondisi Makam.
Kuburan arya wiralodra direnovasi pada masa Bupati Yance/Anah Sopanah. Kondisinya sangat baik, dekorasi bangunan menggunakan arsitektur Jawa Ala Majapahit dengan menggunakan tembok bata merah, sementara didalam makam dipayungi dengan Pendopo. Sementara itu nisan kuburnya terbuat dari batu granit berwarna cokelat dengan pahatan lambang Cakraudyaksana. 

Demikian penampakan makam Raden Bagus Arya wiralodra Pendiri Indramayu:
Pendopo Makam
Penampakan Makam Dan Nisan
Penampakan Makam Dari Jarak 1 Meter
Penampakan Gerbang Makam dari Luar


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search