Sejarah Desa Jamblang Kec Jamblang Kab Cirebon

- April 17, 2018
Jamblang adalah salah satu desa yang masuk pada wilayah Kecamatan Jamblang Kab Cirebon, Desa ini disebut-sebut sebagai salah satu desa Pecinan tertua di Cirebon. Sebab orang-orang Cina di Desa ini sudah menetap sejak lama, bahkan ada juga yang berpendapat Desa Jamblang didirikan oleh orang Cina. Diantara peninggalan orang-orang Cina di desa ini adalah Klenteng Jamblang, Klenteng yang usianya dipercayai sudah ratusan tahun. Selain itu desa ini juga dikenal denga kulinernya, yaitu Nasi Jamblang, nasi yang sudah menjadi ciri khas orang Jambang.

Menurut tradisi setempat, pada mulanya Jamblang merupakan daerah yang tak bernama, meskipun demikian karena daerah ini diailiri sungai maka didaerah itu banyak dilalui oleh orang-orang yang melakukan perjalanan sungai, mengigat waktu itu angkutan sungai merupakan trasportasi utama masyarakat. 

Ramainya kondisi masyarakat yang lalau lalang di Daerah Jamblang itu kemudian menarik minat seorang Cina bernama Baba Chong An untuk menjual barang dagangan di pinggir sungai, ia menggelar daganangnnya dibawah pohon Jamblang (Duwet). Dan karena daganganya laris manis, serta menjadi buah bibir masyarakat, maka daerah dimana Baba Chong An membuka dagagannya dibahwah pohon Jamblang itu  itu dikenal dengan nama Jamblang, hingga akhirnya kemudian nama itu dijadikan sebagai nama desa. 
Setelah daganganya laris, Baba Chong An kemudian menetap ditempat itu, dibangunnya kemudian tempat tinggal, lama kelamaan kemudian banyak orag-orang Cina lainnya serta pribumi lainnya yang menetap di Jamblang. Dan pada kemudiannya Baba Chong An membuat sebuah klenteng di Jamblang, kini klenteng tersebut dikenal dengan nama Klenteng Jamblang. 

Masih menurut tradisi setempat, Baba Chong An hidup semasa dengan Sunan Gunung Jati, sebab dikatakan Putri Baba Chong An yang bernama Liong Sie Tin menikah dengan seorang murid Sunan Gunung Jati yang bernama Raden Banjar Pantoman. Bahkan dikisahkan juga pendirian Klenteng di Jamblang mendapatkan restu Sunan Gunung Jati, sementara bahan bangunan atau Kayu Klenteng tersebut merupakan sumbangan dari Raden Banjar Pantoman. 

Meskipun Jamblag sudah ada semenjak lama, akan tetapi rupanya, Jamblang sebagai sebuah pemerintahan desa hanya tercatat dari mulai tahun 1982 hingga sekarang, adapun nama-nama Kuwu atau Kepala Desa yang pernah memerintah Desa Jambalang adalah sebagai berikut:
No
Kuwu
Tahun
1
M. Kadar
1982-1986
2
Tasti Sunaryo [Pjs]
1986-1989
3
Oda
1989-1993
4
Hardija [Pjs]
1993-1995
5
Irman
1995-2003
6
Jojo Budiharjo
2003-2012
7
Yoyon Kristiyanto[Pjs]
2012-2013
8
Hj. Nurlaela
2013-Sekarang
 

Start typing and press Enter to search