Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nyi Resik Jaya, Penyelamat Kehancuran Keadipatian Indramayu

Nyi Resik Jaya dalam sejarah Indramayu dikenal karena jasanya telah menyelamatkan Indramayu dari upaya kudeta yang dilakukan Bagus Rangin. Sebab sebelum peristiwa penyelamatan itu, Bagus Rangin bersama 7000 pasukannya yang kebanyakan berasal dari kuli panggul pasir dengan gagah melakukan penyerangan ke Indramayu, dan dalam tragedi itu Patih Astanaya selaku Patih Keadipatian Indramayu tewas terbunuh.
Nyi Resik Jaya pada mulanya bernama Nyi Jaya, di Bantar Jati, ia diajak oleh tetangga dan saudaranya untuk bergabung dalam rencana mengkudeta Indramayu, namun karena Nyi Jaya ini merasa tidak cocok dengan upaya kudeta itu, ia pun kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada Adipati Indramayu.

Pada waktu itu yang menjadi Adipati di Indramayu adalah Raden Semaun (Wiralodra V), menurut Babad Dermayu, tepat pada hari Jumat Nyi Jaya melaporkan upaya kudeta dari orang-orang bantar Jati kepada Raden Semaun.

Baca Juga : Sejarah Keadipatian Indramayu, Masa Pendirian, Kejayaan Dan Kemundurannya

Karena ketulusannya dalam menginformasikan upaya pemberontakan yang dilakukan Bagus Rangin itu, kemudian Nyi Jaya dianugerahi gelar, “Nyi Resik” yang mana gelar itu mempunyai maksud perempuan yang bersih hatinya. Dan setelah peristiwa itu Nyi Jaya kemudian dikenal dengan nama Nyi Resik Jaya.

Setelah mendapatkan informasi dari Nyi Jaya mengenai persiapan orang-orang Bantar Jati untuk menyerang Indramayu, Raden Semaun kemudian mengutus bala tentaranya untuk menumpas Bagus Rangin dan Pengikutnya, misi penumpasan itu dipimpin langsung oleh Patih Astanaya.

Baca Juga : Pemberontakan Gus Rangin Dan Kelahiran Pesantren-Pesantren Ternama Di Cirebon

Pada mulanya Raden Semaun tidak mengetahui jika Bagus Rangin memiliki pengikut yang amat banyak, sehingga ia hanya menerjunkan beberapa ratus prajurit saja untuk menumpas para pemberontak itu.

Dan benar saja, sesampainya Prajurit Indramayu di Bantar Jati mereka justru terkepung oleh Pasukan Bangus Rangin, dalam peperangan yang kalah jumlah itu Patih Astanaya terbunuh, hampir seluruh pasukan Indramayu tewas dalam peristiwa itu, meskipun demikian ada juga beberapa Prajurit Indramayu yang berhasil meloloskan diri.

Merasa di atas angin, niat Bagus Rangin untuk melakukan kudeta di Indramayu semakin memuncak, bersama 7000 pasukanya ia kemudian berangkat ke indramayu untuk segera merebut Indramayu.

Sementara di lain pihak, Raden Semaun yang mendapatkan kabar dari prajuritnya yang lolos merasa khawatir, sebab Pasukan Bagus Rangin begitu banyak jumlahnya.

Raden Semaun pun kemudian meminta bantuan Belanda untuk menanggulangi upaya pemberontakan Bagus Rangin. Dengan Cepat Belanda mengirimkan bala tentaranya untuk membantu Indramayu.

Iring-iringan Bangus Rangin dan 7000 bala tentaranya menuju Indramayu itu dikisahkan menggentarkan seluruh Indramayu, dalam peristiwa itu banyak masyarakat yang mengungsi karena takut.

Sebelum memasuki Pusat Kota Indramayu, Bagus Rangin memutuskan untuk membuat markas di Desa Pemayahan, mereka mebangun markas sebagai perisapan untuk mengkudeta Indramayu. Mendapati keadaan itu, rupanya Belanda kemudian melancarkan tipu muslihat.

Belanda yang waktu itu dipimpin oleh Laksamana Pastoor datang ke Pemayahan untuk berunding dengan Bagus Rangin, ia menawarkan Jabatan Adipati Indramayu kepada Bagus Rangin menggantikan Raden Semaun, asalkan Bagus Rangin bersedia untuk tidak menyerang Indramayu.

Karena merasa tujuan penyerangan Bagus Rangin ke Indramayu untuk mengkudeta Indramayu, maka Bagus Rangin pun kemudian menerima tawaran Belanda itu. Dan pada hari itu juga Belanda melalui Laksamana Pastoor menobatkan Bagus Rangin menjadi Adipati Indramayu, pesta penobatan itu kemudian digelar besar-besaran di Pemayahan.

Merasa sudah tercapai tujuannya, maka selepas beberapa hari pelantikan Bagus Rangin menjadi Adipati di Indramayu kebanyakan pasukan Bagus Rangin yang pada mulanya berjumlah 7000 orang itu kemudian membubarkan diri, mereka  pulang kampung, hanya beberapa ratus saja yang menemani Bagus Rangin di Pemayahan.

Dalam suasana itu, secara tiba-tiba kemudian bala tentara Indramayu dan Belanda menyerang Bagus Rangin, Pengikut setia Bagus Rangin dalam peristiwa ini banyak yang terbunuh, meskipun demikian dalam peristiwa itu Bagus Rangin berhasil meloloskan diri, ia bersama sisa-sisa pengikutnya melarikan diri ke Desa Kedongdong. Kudeta pun kemudian gagal.

Begitulah sekelumit kisah Nyi Resik Jaya yang dapat anda temui dalam Babad Dermayu, wanita yang menginformasikan tentang rencana kudeta yang dilancarkan Bagus Rangin, tanpa informasi dari Nyi Resik Jaya, tentunya Indramayu kemungkinan besar dapat direbut oleh Bagus Rangin.

9 komentar untuk "Nyi Resik Jaya, Penyelamat Kehancuran Keadipatian Indramayu"

  1. Nyi Resik Jaya leluhur sya..kk perempuan dari emak buyut saya,bapak sya masih menyimpan susunan keturunannya..semoga kejujuran emak buyut jaya ,turun kpd anak cucunya yg lain..aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di perjelas ga dari sejarah yang anda tahu, siapakah keturunan dari mbah buyut anda, karena dari versi yang lain mengatakan bahwa nyai resik adalah tiga bersaudara dari keturunan ki buyut urang.
      Yaitu nyai resik, d surapersanda dan d surasakti.
      Mana yang lebih akurat kebenaran nya dari data tersebut,,,
      Mohon penjelasan.

      Hapus
    2. Oh ya mangga..ada data silsilahnya di pegang bapak saya tentang beliau..mangga pinarak di desa puntang,kec Losarang.

      Hapus
    3. Boleh minta kontaknya, saya turunan nyi resik dan hampir semua keluarga saya di makamkan sindang pemakaman buyut nyi resik
      Saya dapet amanah dari orang tua, untuk mengumpulkan silsilah dari nyi resik baik ke bawah atau ke atas nya🙏🙏
      Saya juga punya tabel silsilahnya, tapi banyak harus di cocokkan seperti nya

      Hapus
    4. Mas boleh gmail k saya, siapa tau bisa silaturrahmi, m.radumaulana@gmail.com

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Mas Athtaqin boleh saya minta alamatnya? Saya juga keturunan Nyi Resik dari jalur anak beliau Nyi Bening di desa Eretan Wetan, njenengan bisa kirim gmail ke saya nggih alamat njenengan, biar bisa silaturrahmi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamat ds. Puntang blok Sarban Rt009 Rw003 kelurahan Losarang kab Indramayu 45253 hp/wa 082122165381

      Hapus
  3. apakah nyi resik diatas sama dg nyi resik di lobener, seperti link sbb:
    https://ramadhan.republika.co.id/berita/mpebae/sejarah-masjid-jami-modim-di-indramayu

    BalasHapus

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.