Silisilah Arya Wiralodra Bupati Indramayu

- Mei 20, 2018
Dalam  Sejarah Indramayu, dijelaskan bahwa Indramayu didirikan oleh Arya Wiralodra, seorang Pemuda asal Bagelen Jawa Tengah. Menurut babad dermayu, Wiralodra merupakan anak dari Raden Gagak Singalodraka, seorang tumenggung yang berkedudukan sebagai bupati di Baglen Jawa Tengah.
Baca Juga: Mengenal Bagelen, Tanah Kelahiran Arya Wiralodra Pendiri Indramayu
Raden Gagak Singalodraka mempunyai lima orang anak yaitu (1) Raden Ayu Wangsanegara (2) Raden Ayu Wangsayudha (3) Raden Arya Wiralodra (4) Raden Tunajaya, dan  (5) Raden Tanujiwa. Dan anak ke tiga dari Raden Gagak Singalodraka inilah yang kelak menjadi Bupati pertama Indramayu.

Raden Gagak Singalodraka sendiri merupakan anak dari Raden Gagak Kumitir bin Raden Gagak Pernala Bin Raden Lowono Bin Embah Kiyai Barata. Dengan demikian maka menurut babad dermayu Wiralodra merupakan keturunan Kiyai Barata seorang darah biru Majapahit yang menetap di Gunung Sumbing.

Nama Wiralodra di dalam sejarah Indramayu dijadikan sebagai nama dinasti, maka tidaklah mengherankan jika di Indramayu pemimpin atau bupati-bupati awalnya menggunakan nama Wiralodra, seperti Wiralodra I, II dan setersunya.
Baca Juga : Keadipatian Indramayu, Masa Pendirian, Kejayaan Dan Kemundurannya
Dinasti Wiralodra bertahan menguasai Indramayu selama 7 turunan yaitu mulai dari Wiralodra I sampai dengan Wiralodra VII, setelah itu pemerintahan di Indramayu tidak lagi dipegang oleh rezim WIralodra. Adapun nama-nama Wiralodra yang pernah memerintah Indramayu adalah sebagai berikut:

1.Raden Arya Wiralodra (Wiralodra I)

Arya Wiralodra selama hidupnya mempunyai 4 orang anak, yaitu (1) Raden Sutamerta (2) Raden Wirapati (3) Nyi Ayu Inten, dan (4) Raden Driyantaka. Anak kedua Arya Wiralodra kelak yang meneruskan tahta bapaknya.
Baca Juga: Situs Makam Arya Wiralodra I

2.Raden Wirapati (Wiralodra II)

Raden Wirapai selama hidupnya memiliki 12 anak, yaitu (1) Raden Kowi (2) Raden Timur (3) Raden Suwardi (4) Raden Wirantaka (5) Raden Wira Atmaja (6)Nyi Ayu Sutamerta (7) Nyi Ayu Raksadiwangsa (8) Raden Sastra (9) Raden Puspatruna (10) Raden Partanaya (11) Raden Wiralaksana (12) Raden Wiradiwangsa. Kalak yang mengantikan jabatan bupati Indramayu selanjutnya adalah anak ke 3  Raden Wirapati. 

3.Raden Sawerdi (Wiralodra III)

Raden Sewardi selama hidupnya memiliki 4 rang anak, Yaitu (1) Raden Benggala (2) Raden Benggali (3) Nyi Singawijaya (4) Raden Wangsawinata. Kalak yang mengantikan jabatan bupati Indramayu selanjutnya adalah anak ke 1  Raden Sewardi.

4.Raden Benggala (Wiralodra IV)

Raden Benggala memerintah Indramayu hanya selama tiga tahun, sebab ia terlibat perebutan tahta dengan adik kembarnya Raden Benggali, perebutan tahta ini melibatkan campur tangan Belanda. Setelah tiga tahun menjabat Raden Benggala menyerahkan jabatan Bupati ke adiknya Raden Benggali. Sementara Raden Benggala sendiri kemudian di Panggil oleh Sultan Cirebon bersama keluarganya untuk mengabdi di Kesultanan Cirebon.

5.Raden Benggali (Singalodra)

Raden Benggali selama hidupnya hanya memiliki satu putera yaitu Raden Semaun, putera satu-satunya inilah yang kemudian menjadi Bupati Indramayu selanjutnya. Raden Benggali memerintah Indramayu hanya 3 bulan saja, sebab beliau wafat tidak dalam tugas.

6.Raden Samaun (Wiralodra V)

Raden Semaun selama hidupnya memiliki satu Putera bernama Raden Krestal, ialah kemudian yang melanjutkan menjadi Bupati selanjutnya menggantikan bapaknya.

7.Raden Krestal (Wiralodra VI)

Raden Krestal selama hidupnya dikisahkan memiliki anak yang bernama Raden Maranggali atau Raden Wirakusuma, anak itulah kemudian yang melanjutkannya menjadi Bupati di Indramayu.

8.Raden Raden Marangali/ Wirakusuma (Wiralodra VII)

Raden Maranggali merupakan Bupati terakhir Indramayu yang berasal dari keturunan Wiralodra sebab setelah itu, gelar Dalem bagi bupati Indramayu dihapuskan, digantikan dengan Demang.

9.Indrmayu Era Pemerintahan Para Demang Yang Diangkat Belanda …

Demang Pertama dijabat oleh Demang Bei, demang ini juga dikenal sebagai demang yang loyal pada Belanda oleh karena itu, ia kemudian dianugerahi penghargaan berupa pedang emas dari Belanda, salah satu bentuk penghargaan tertinggi bagi seorang demang yang dianggap berjasa pada Belanda.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search