Silsilah Arya Wiralodra Bupati Indramayu

Dalam  Sejarah Indramayu, dijelaskan bahwa Indramayu didirikan oleh Arya Wiralodra, seorang Pemuda asal Bagelen Jawa Tengah. Menurut Babad Dermayu, Wiralodra merupakan anak dari Raden Gagak Singalodraka, seorang Tumenggung yang berkedudukan sebagai Bupati di Baglen Jawa Tengah.

Baca Juga: Mengenal Bagelen, Tanah Kelahiran Arya Wiralodra Pendiri Indramayu

Raden Gagak Singalodraka mempunyai lima orang anak yaitu (1) Raden Ayu Wangsanegara (2) Raden Ayu Wangsayudha (3) Raden Arya Wiralodra (4) Raden Tunajaya, dan  (5) Raden Tanujiwa. Dan anak ke tiga dari Raden Gagak Singalodraka inilah yang kelak menjadi Bupati pertama Indramayu.

Raden Gagak Singalodraka sendiri merupakan anak dari Raden Gagak Kumitir bin Raden Gagak Pernala Bin Raden Lowono Bin Embah Kiyai Barata. Dengan demikian maka menurut babad dermayu Wiralodra merupakan keturunan Kiyai Barata seorang darah biru Majapahit yang menetap di Gunung Sumbing.

Nama Wiralodra di dalam sejarah Indramayu dijadikan sebagai nama dinasti, maka tidaklah mengherankan jika di Indramayu pemimpin atau bupati-bupati awalnya menggunakan nama Wiralodra, seperti Wiralodra I, II dan setersunya.

Baca Juga : Keadipatian Indramayu, Masa Pendirian, Kejayaan Dan Kemundurannya

Dinasti Wiralodra bertahan menguasai Indramayu selama 7 turunan yaitu mulai dari Wiralodra I sampai dengan Wiralodra VII, setelah itu pemerintahan di Indramayu tidak lagi dipegang oleh rezim WIralodra. Adapun nama-nama Wiralodra yang pernah memerintah Indramayu adalah sebagai berikut:

1.Raden Arya Wiralodra (Wiralodra I)

Arya Wiralodra selama hidupnya mempunyai 4 orang anak, yaitu (1) Raden Sutamerta (2) Raden Wirapati (3) Nyi Ayu Inten, dan (4) Raden Driyantaka. Anak kedua Arya Wiralodra kelak yang meneruskan tahta bapaknya.

Baca Juga: Situs Makam Arya Wiralodra I

2.Raden Wirapati (Wiralodra II)

Raden Wirapai selama hidupnya memiliki 12 anak, yaitu (1) Raden Kowi (2) Raden Timur (3) Raden Suwardi (4) Raden Wirantaka (5) Raden Wira Atmaja (6)Nyi Ayu Sutamerta (7) Nyi Ayu Raksadiwangsa (8) Raden Sastra (9) Raden Puspatruna (10) Raden Partanaya (11) Raden Wiralaksana (12) Raden Wiradiwangsa. Kalak yang mengantikan jabatan Bupati Indramayu selanjutnya adalah anak ke 3  Raden Wirapati. 

3.Raden Sawerdi (Wiralodra III)

Raden Sewardi selama hidupnya memiliki 4 rang anak, Yaitu (1) Raden Benggala (2) Raden Benggali (3) Nyi Singawijaya (4) Raden Wangsawinata. Kalak yang mengantikan jabatan Bupati Indramayu selanjutnya adalah anak ke 1  Raden Sewardi.

4.Raden Benggala (Wiralodra IV)

Raden Benggala memerintah Indramayu hanya selama tiga tahun, sebab ia terlibat perebutan tahta dengan adik kembarnya Raden Benggali, perebutan tahta ini melibatkan campur tangan Belanda. Setelah tiga tahun menjabat Raden Benggala menyerahkan jabatan Bupati ke adiknya Raden Benggali. Sementara Raden Benggala sendiri kemudian dipanggil oleh Sultan Cirebon bersama keluarganya untuk mengabdi di Kesultanan Cirebon.

5.Raden Benggali (Singalodra)

Raden Benggali selama hidupnya hanya memiliki satu putra yaitu Raden Semaun, putera satu-satunya inilah yang kemudian menjadi Bupati Indramayu selanjutnya. Raden Benggali memerintah Indramayu hanya 3 bulan saja, sebab beliau wafat dalam tugas.

6.Raden Samaun (Wiralodra V)

Raden Semaun selama hidupnya memiliki satu Putera bernama Raden Krestal, ialah kemudian yang melanjutkan menjadi Bupati selanjutnya menggantikan bapaknya.

7.Raden Krestal (Wiralodra VI)

Raden Krestal selama hidupnya dikisahkan memiliki anak yang bernama Raden Maranggali atau Raden Wirakusuma, anak itulah kemudian yang melanjutkannya menjadi Bupati di Indramayu.

8.Raden Marangali/ Wirakusuma (Wiralodra VII)

Raden Maranggali merupakan Bupati terakhir Indramayu yang berasal dari keturunan Wiralodra sebab setelah itu, gelar Dalem bagi bupati Indramayu dihapuskan, digantikan dengan Demang.

9.Indrmayu Era Pemerintahan Para Demang Yang Diangkat Belanda …

Demang Pertama dijabat oleh Demang Bei, demang ini juga dikenal sebagai demang yang loyal pada Belanda oleh karena itu, ia kemudian dianugerahi penghargaan berupa pedang emas dari Belanda, salah satu bentuk penghargaan tertinggi bagi seorang demang yang dianggap berjasa pada Belanda.

Baca Juga: Raden Benggala dan Benggali Berebut Tahta di Kadipaten Indramayu

7 Komentar untuk "Silsilah Arya Wiralodra Bupati Indramayu"

  1. Assalamualaikum ..wr..wb.. saya pengan jelas dimanah saja keturunan keturan yg senasab dengan silsilah Arya Wiralodra pendiri pertama indramayu yg masih hidup minta penjelasanya dgn lengkap ....

    BalasHapus
  2. Dan saya pengen melihat foto foto wajah keturunnaya Arya Wiralodra

    BalasHapus
  3. oh ia saya hanya saran tolong prmerintah daerah dan oara pengurus sejarah indramayu tolong setiap sitius situs seperti makam keturunan Arya Wiralodra dibuatkan penunjuk arah makam - makam keturunan Arya Wiralodra baik Prndiri indramayu pertama Raden Indrawijaya Arya Wiralodra dan para keturunnannya masalahnya orang2 yg mau melihat sejarah indramayu jelas dan mudah mencarinya Saya sudah menyelusuri Malam makam Keturunan Aya Wiralidra baik makam Raden Indrawiya sendiri makam yg ada di sindang dekat lapangan bola Kraoyak kalau kita lihat juga lapangan bola juga tdk keurus tersu di makam Raden Banggala dan Banggali pun tdk ada prnujuk arah serta Makam wiralodra ke 7 apa ke 8 yang ada di belakang Kantor kecamatan juga smeuanya tdk ada yg mengurus dengan baik artinya kuncen terutama di makam banggala dab banggali kotor keramiknya dan tdk bersih tolong di perhatikan juga Masjid Dernayau yg ada di kampung arab itu juga mengandung sejah tapi tdk termasuk dalam situs karena sudah sebagian situsnya hilang makanya tdk di masukan kedalam sutu idti kelalaian pemrintah dan oenulis juga pengurus sejarah coba bandingkan malah makam 25 yg masuk kedalam situs ..tolong perhatikan semuanya

    BalasHapus
  4. dan tolong perkebalkan ke pada siswa siswi sekolah dan perkuliyahan tebtabg sejarah indramayu termasuk para keturunann dan makam makamnya serta peninggalannya pendiri indramayu tolong pelihara dan bangun serta lestarikan terkasuk tempat awal pertama tempat Arya Wiralidra atau Raden Wijaya membabat hutan cimanuk aslinya tolong ljndungi dan lestarikan hingga anak cucu kita kelak dan coba ada tekannan dan kerja sama dgn dinas pendidikan guna sedikit ada kewajiban menggerakan suapay siswa siswi nya berkunjung ke situs sejarah berdirinya kota indramayu kita ini supaya siswa siswi kuta paham betul dan menghargai pendiri sejarah kota mangga indramayu

    BalasHapus
  5. termasuk penelusuran dan tempat Raden Arya Wiralodra awal tinggal di bagelenya tolong ada penyelusuran ke bagalen masih atau tdk keturunan juga sodara sodaranya bahkam makam bapak dan juga ibinya juga kakanya dan adik adiknya Arya Wiraoldra itu...tolong camkan itu

    BalasHapus
  6. serta tolong ketika Hari Jadi Indramayu kumpulkan keturunan keturunnya Arya Wiralodra di tempatkan di temap kusus supaya kita masih tau masih ada keturun keturunannya jelas...termasuk tempat tinggalnya dan foto fotonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap Hari Jadi Kab Indra,ayu, Biasanya keturunan Wiralodra dihadirka di Pendopo untuk melakukan prosesi penjamasan Puka Wiralodra

      Hapus
Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel