Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

- Agustus 14, 2018
Teks Proklamasi Indonesa hanya terdiri dari 24 kata saja, tentu saja teks proklamasi ini merupakan salah satu teks proklamasi terpendek di dunia. Meskipun pendek pembuatan teks proklamasi ini dikisahkan memakan waktu semalaman, melibatkan banyak orang, bahkan saking susahnya dalam membuat teks priklamasi ini Soekarno kemudian jatuh sakit.

Perumus naskah teks proklamasi terdiri dari 4 orang Jepang dan 3 orang Pribumi yaitu Tadashi Maeda, Tomegoro Yoshizumi, S. Nishijima, S. Miyoshi, Mohammad Hatta, Soekarno, dan Achmad Soebardjo. Meskipun demikian Orang Jepang dalam perumusan teks proklamasi ini hanya sebagai penyedia tempat, karena merasa mereka masih berhutang janji pada pihak Soekarno tentang pemeberian Kemerdekaan oleh Kaisr Jepang yang gagal karena Jepang kalah perang. Pembuatan teks proklamasi didadakan di rumah Tadashi Maeda, salah satu pejabat militer tentara Jepang.

Alotnya pembuatan teks Proklamasi karena beberapa pertimbangan, awalnya teks proklamasi dibuat dengan menyertakan unur-unsur kata yang keras melawan penjajahan, namun hal itu ditolak Jepang, selain itu Jepang juga rupanya bermain dalam pembuatan teks itu, mereka menginginkan agar didalamnya ditambahkan kata “Penyerahan Kekuasaan dari Jepang”, namun Soekarno dkk, menolak, mereka akhirnya memilih kata “Pemindahan kekuasaan”.

Setelah teks proklamasi dapat disusun berdasarkan pertimbangan dan gabungan pemikiran dari Mohammad Hatta, Soekarno, dan Achmad Soebardjo, kemudian teks proklamasi yang awalnya ditulis dengan menggunakan tulisan tangan diketik ulang dengan menggunakan mesin ketik oleh  Achmad Soebardjo, sementara tulisan tangan Ir Soekarno dicampakan begitu saja, bahkan dibuang ke tempat sampah. Teks proklamasi tulisan tangan itu kemudian diamankan oleh seorang wartawan yang bernama B.M Diah yang kebetulan menemukannya di tong sampah.

Berikut ini adalah teks proklamasi yang telah diketik oleh Achmad Soebardjo: 

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

Adapun teks asli tulisan tangan teks proklamasi olehSoekarno adalah sebagai berikut:

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 – 8 – ’05
Wakil2 bangsa Indonesia.
Catatan. Dalam Teks Proklamasi tulisan tangan, tulisan akhir proklamasi masih tertulis “Wakil2 bangsa Indonesia” tulisan tersebut rupanya diganti dengan kata "Soekarno/Hatta" ketika diketik, inspirasi penggantian kata-kata tersebut terinspirasi dari ide baru yang baru lahir ketika teks tersebut dituliskan. Selain itu dalam teks proklamasi juga trtulis tahun 05, tahun tersebut bermaksud tahun Jepang yaitu tahun 2605. Kala itu Indonesia masih menggunakan tahun jepang, meskipun demikian tanggal dan bulannya masih menggunakan penanggalan masehi.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search