Manfaat Mempelajari Sejarah

- November 19, 2018
Manfaat Mempelajari Sejarah
Manfaat Sejarah-Sebagian orang ada yang beranggapan bahwa mempelajari sejarah itu adalah sesuatu yang membosankan, tidak menarik, bagi orang jenis ini jangankan mempelajari sejarah, membaca sejarah saja mereka muak, sebab bagi mereka sejarah tidak mempunyai manfaat penting bagi mereka.

Manfaat sejarah sebenarnya sangat berguna bagi orang-orang yang mau berfikir, sebab melalui sejarah orang dapat memperbaiki hidupnya dengan berkaca pada masa lalu.

Dalam dunia keilmuan, sejarah sendiri bermaksud rekontruksi masa lalu, hal tersebut senada dengan apa yang diungkapkan Kuntowijoyo, (1995: 18) yang menyatakan bahwa rekontruksi dalam sejarah adalah apa saja yang sudah dipikirkan, dikatakan, dikerjakan, dirasakan dan dialami oleh seseorang.

Sejarah itu juga merupakan suatu ilmu yang mempelajari peristiwa dalam kehidupan manusia pada masa lampau. Sejarah banyak memaparkan fakta, urutan waktu dan tempat kejadian suatu peristiwa.

Selain itu Sejarah juga bukan sekedar melahirkan cerita dari suatu kejadian masa lampau tetapi pemahaman masa lampau yang didalamnya mengandung berbagai dinamika, bisa berisi problematika pelajaran bagi manusia berikutnya.

Sejarah itu juga sebagai cabang ilmu yang mengkaji secara sistematis keseluruhan perkembangan proses perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat dengan segala aspek kehidupannya yang terjadi dimasa lampau.

Memmahami pengertian sejarah dalam dunia keilmuan sebagaimana di paparkan di atas, maka sudah pasti bahwa sejarah mempunyai manfaat. Manfat sejarah menurut Kuntowijoyo (1999:19), dibagi kedalam dua manfaat, yaitu (1) manfaat intrinstik, dan (2) manfaat ekstrinsik. Adapun penjelasan dari keduanya adalah sebagai berikut:

Manfaat Intrinstik Sejarah. Manfaat belajar sejarah secara intrinsik antara lain adalah sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau, sejarah sebagai pernyataan pendapat, sejarah sebagai potensi.

Manfaat Ekstrinsik. Manfaat belajar sejarah secara ekstrinsik yaitu. moral, penalaran, politik, kebijakan, perubahan, masa depan, kesadaran, ilmu bantu, latar belakang, rujukan, dan bukti.

Berdasarkan penjelasan diatas dapat diketahui bahwa manfaat belajar sejarah yang ada pada pelajaran sejarah adalah sejarah menyadarkan kepada seseorang tentang adanya perubahan dari deminsi waktu. Selain itu manfaat belajar sejarah yaitu untuk menjelaskan tentang jati diri suatu bangsa dimasa lalu, sekarang dan masa akan datang.

Baca Juga: Pengertian Sejarah


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search