Pengertian Sejarah

- November 19, 2018
Pengertian Sejarah
Pengertian Sejarah- Segala sesuatu yang ada tentu ada pengertiannya, begitupun dengan sejarah mempunyai pengertiannya sendiri. Dalam dunia keilmuan banyak ahli mendefiniskan sejarah menurut pandangannya masing-masing, sementara penulis sendiri beranggapan bahwa sejarah adalah masa lalu yang benar-benar terjadi, dapat dipelajari, dikisahkan, dan diambil manfaatnya, itulah sejarah.

Pengertian Sejarah menurut bahasa sebagaimana yang termaktub dalam kamus bahasa Indonesia, sejarah dapat diartikan sebagai silsilah, asal-usul (keturunan), atau kejadian yang terjadi pada masa lampau.

Adapun kata sejarah sendiri sebenarnya serapan dari bahasa Arab “Sajarah” yang bermaksud pohon silsilah. Sebagaimana layaknya pohon silsilah maka secara bahasanya sejarah menyangkut masa lalu.

Sementara itu, pengertian sejarah menurut para ahli, makananya beragam, menurut Widja sejarah adalah suatu studi yang telah dialami manusia diwaktu lampau dan telah meninggalkan jejak diwaktu sekarang, di mana tekanan perhatian diletakkan, terutama dalam pada aspek peristiwa sendiri. Dalam hal ini terutama pada hal yang bersifat khusus dan segi-segi urutan perkembangannya yang disusun dalam cerita sejarah (I Gede Widja, 1989: 9).

Menurut Sartono Kartodirdjo sejarah adalah gambaran tentang masa lalu manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap. Meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberikan pengertian pemahaman tentang apa yang telah berlalu (Sartono Kartodirdjo, 1982: 12).

Menurut Sidi Gazalba sejarah adalah gambaran masa lalu tentang manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap, meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan, yang memberi pengertian tentang apa yang telah berlalu (Gazalba, 1981: 13).

Berdasarkan pengertian sejarah baik menurut bahasa maupun istilah sebagaimana yang telah dipaparkan di atas, dapatlah kemudian dipahami bahwa sejarah pada dasarnya adalah ilmu yang mempelajari kejadian-kejadian atau peristiwa pada masa lalu manusia serta merekontruksi apa yang terjadi pada masa lalu.

Dengan adanya pembelajaran sejarah pada seseorang maka dapat membantu orang tersebut dalam memahami perilaku manusia pada masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan dating, sehingga nantinya dapat memperoleh manfaat baik darinya.

Baca Juga: Manfaat Mempelajari Sejarah


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search