Sejarah Sebagai Kisah, Maksud dan Contohnya

- November 22, 2018
Sejarah Sebagai Kisah
Sejarah Sebagai Kisah- dalam pembelajaran Sejarah kita sering mendengar tentang konsep sejarah, katanya sejarah itu dapat ditinjau dari beberapa aspek, yaitu sejarah sebagai kisah dan sejarah sebagai peristiwa. Dalam pembahasan kali ini akan dibahas mengenai maksud dari sejarah sebagai kisah dan contohnya.

Untuk memahami  apa yang dimaksud dengan ” Sejarah sebagai kisah” maka kita terlebih dahulu hendaknya memahami apa itu pengertian sejarah dan apa itu pengertian kisah, sehingga nantinya anda memahami dengan sendirinya maksud dari ” Sejarah sebagai kisah”.

Sejarah secara bahasa bermaksud kejadian yang terjadi pada masa lampau, sementara menurut istilah sejarah adalah gambaran tentang masa lalu manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap. Meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberikan pengertian pemahaman tentang apa yang telah berlalu.

Sementara yang dimkasud kisah menurut bahasa adalah cerita tentang kejadian (riwayat dan sebagainya) dalam kehidupan seseorang dan sebagainya; kejadian (riwayat dan sebagainya). Adapun secara Istilah kisah adalah cerita tentang sesuatu kejadian.

Baca Juga: Pengertian Sejarah

Memahmi pengertian” sejarah “ dan “kisah “ sebagaimana dijelaskan di atas, dapatlah kemudian kita pahami bahwa yang dimaksud sejarah sebagai kisah adalah “gambaran tentang kisah masa lalu  seseorang yang diceritakan/dikisahkan” Itulah maksud dari pengertian sejarah sebagai kisah.

Contoh Sejarah Sebagai Kisah

Ditemukan bukti sejarah berupa prasasti, dalam prasasti itu dituliskan tentang kisah masa lalu sebagai berikut:

Teks  Prasasti: “vikkrantasyavanipat eh, srimatah purnnavarmmanah, tarumanagarendrasya, visnoriva padadvayam" 
Terjemahan: “Inilah (tanda) sepasang telapak kaki yang seperti kaki Dewa Wisnu (pemelihara) ialah telapak yang mulia sang Purnnawarmman, raja di negeri Taruma, raja yang gagah berani di dunia”.
Dari isi prasasti yang sedikit itu, kita memahami bahwa prasasti itu menggambarkan tentang seorang raja yang bernama Punawarman nama kerajaannya Taruma. Begitulah kabar inti yang dijelaskan dalam prasasti.

Nah apabila kita ingin mengisahkannya panjang lebar, boleh saja asalkan kisah atau cerita yang kita buat tidak melenceng dari isi Prasasti dan sumber-sumber lainnya. Kisah yang kita buat sendiri berdasarkan bukti-bukti lain dan tafsiran kita sendiri itu disebut sebagai Sejarah Sebagai Kisah”.

Demikian ini contoh dari urian sejarah sebagai kisah dalam kaitannya dengan tafsiran Prasasti di atas:
"Dahulu kala ada raja yang namanya Punawarman, Ia merupakan Raja dari Kerajaan Tarumanegara yang wilayah kekuasaanya berada di Jawa barat. Suatu ketika Raja ini melakukan pembangunan besar-besaran didaerahnya, salah satunya melakukan pembenahan pada sungai-sungai yang ada di Kerajaannya tujuannya adalah agar rakyat yang bertani menjadi lancar, karena sungainya baik. Selepas Raja itu selesai melakukan pembangunan, ia kemudian membangun Prasasti yang isinya mengabarkan tentang Sang Raja yang telah sukses membangun negerinya. Dimasa hidupnya Raja Punawarman dikenal dengan raja besar dan bijaksana". 
Begitulah salah satu contoh dari apa yang disebut ” Sejarah Sebagai Kisah”, kamu perhatikan isi Prasasti yang sedikit itu ternyata bisa dikisahkan panjang lebar, kisah yang panjang dari tulisan prasasti aslinya itu didasari oleh pemikiran dan pengetahuan penulis. Oleh karena hal semacam ini dikenal dengan Istilah “Sejarah Sebagai Kisah”

Meskipun demikian anda harus hati-hati, kisah yang anda tuliskan maupun anda omongkan harus tidak boleh melenceng dari sumber cerita asal sejarahnya. Sebab kalau melenceng dan tidak didasarkan kepada fakta-fakta yang ada maka tidak lagi menjadi “Sejarah Sebagai Kisah” akan tetapi “Kisah Palsu” kalau sudah kisah palsu, atau kisahnya dibuat-buat sendiri maka itu nantinya masuk jenis karya sastra, bukan karya sejarah.

Bagaimana, sudah paham?, Paham tidak paham yang jelas anda harus mengerti bahwa sejarah sebagai kisah maksudnya adalah kegiatan merenkonstruksi sejarah kedalam suatu kisah berdasarkan pada tafsiran seseroang pada sumber sejarah.

Baca Juga: Manfaat Mempelajari Sejarah


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search