Peraturan Sepak Bola Standar FIFA

- Desember 15, 2018
Peraturan Sepak Bola resmi, atau yang di akui FIFA tentu ada aturan-aturan mainnya, aturan-aturan tersebut sifatnya mengikat dan wajib diselenggarakan apabila permainan tersebut ingin dikategorikan sebagai permainan resmi.

Perlu dipahami bahwa secara umum  menurut Soekatamsi (1994: 3), Sepakbola adalah permainan beregu yang dimainkan masing-masing regunya terdiri dari sebelas orang pemain termasuk seorang penjaga gawang.

Permainan boleh dilakukan dengan seluruh anggota tubuh kecuali dengan kedua lengan (tangan). Jadi sepakbola adalah permainan beregu yang dimainkan oleh sebelas orang pemain termasuk penjaga gawang dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan oleh lawan. Secara umum setiap pertandingan dilaksanakan dalam waktu 2 X 45 menit dengan panjang lapangan 110m dan lebar 70m.

Sementara itu secara khusus yang dimaksud permainan sepak bola itu dikategorikan berdasarkan usia agar masing-masing kelompok usia merupakan suatu tim yang belajar sendiri dan berpengaruh terhadap penentuan beban latihan, yakni:
Peraturan Sepak Bola
Selain itu, dalam permainan sepak bola ada peraturan mengenai teknik-teknik dasarnya. Menurut Soekamtasi (1994: 75), dalam bukunya yang berjudul Permainan Besar 1 (Sepakbola): Teknik dasar bermain sepakbola adalah semua gerakan-gerakan tanpa bola dan semua gerakan-gerakan dengan bola yang diperlukan untuk bermain sepakbola.

Menurut Komarudin (2005: 38-59), secara garis besar teknik permainan sepakbola terdiri dari dua bagian besar, yaitu:

Teknik badan (teknik tanpa bola)

Teknik badan (teknik tanpa bola) dalam permainan sepakbola merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Dalam permainan sepakbola teknik badan yang sering digunakan adalah cara berlari, melompat, dan gerak tipu badan.

Teknik dasar dengan bola

Teknik dasar dengan bola adalah teknik dimana pemain menguasai bola. Misalnya: mengumpan, menggiring bola, control bola, menyundul bola dan merebut bola. Teknik dasar dengan bola sangat penting dikuasai bagi setiap pemain.

Seorang pemain untuk dapat bermain sepakbola dengan baik harus mempunyai dasar teknik sepakbola yang baik. Menurut Herwin (2004: 21-25), permainan sepakbola mencakup dua teknik dasar yang harus dimiliki atau dikuasai oleh pemain, yaitu: teknik tanpa bola dan teknik dengan bola.

Teknik Tanpa Bola

Selama dalam permainan sepakbola, seorang pemain harus mampu berlari dengan langkah pendek maupun panjang karena harus merubah kecepatan lari. Gerakan lainnya seperti berjalan, berjingkat, melompat, meloncat, berguling, berputar, berbalik dan berhenti tiba-tiba yang semua ini harus dimiliki oleh pemain. Semua gerak ini sangat dibutuhkan dalam permainan sepakbola dan biasanya disebut juga dengan gerak teknik tanpa bola.

Teknik dengan Bola

Seorang pemain dituntut untuk menguasai bola dengan sebaik-baiknya ketika menerima bola agar mampu bermain sepakbola dengan baik.

Kemampuan gerak dengan bola ini biasanya disebut teknik dengan bola yaitu meliputi : pengenalan bola dengan bagian tubuh (ball felling), menendang bola (passing) mengoper bola pendek dan panjang atau melambung, menendang bola (shooting), menggiring bola (dribbling), menghadapi lawan dan daerah bebas, menerima dan menyundul bola (heading) untuk bola lambung atau bola atas, gerak tipu (feinting) untuk melewati lawan, merebut bola (tackling/shielding) saat lawan menguasai bola, melempar bola (throw-in) bila bola keluar lapangan untuk menghidupkan kembali permainan, dan teknik menjaga gawang (goal keeping).

Baca Juga: Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search