Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia

- Desember 15, 2018
Sejarah Sepak Bola dalam artikel ini mengacu pada dua tahapan pembagian sejarah permainan sepak bola, yaitu sejarah sepak bola kuno dan sejarah sepak bola modern, Yang dimaksud sepak bola kuno adalah permainan sepak bola yang belum menggunakan peraturan sebagaimana peraturan yang sekarang, sementara sepak bola modern adalah permainan sepak bola yang menggunakan aturan sekarang yang berlaku di FIFA.

Selain membahas mengenai sejarah sepak bola diri sisi kekunoan dan kemoderenanya, dalam artikel ini juga dijelaskan mengenai sejarah sepak bola di Indonesia, yaitu bagaimana sepak bola muncul dan berkembang di Indonesia.

Sejarah Permainan Sepak Bola Kuno

Permainan sepakbola telah diperkenalkan ribuan tahun yang lalu. Permainan yang berawal untuk merayakan kemenangan, meningkatkan kemampuan fisik prajurit perang, serta mengisi waktu senggang.

Perubahan bentuk permainan kelompok dengan cara melakukan tendangan terhadap tengkorak kepala manusia, hingga benda dalam bentuk yang relatif bulat dari lambung binatang, yang akhirnya benda bulat yang terbuat dari usus atau kulit binatang bahan sintetis yang lebih ringan.

Menurut Herwin (2004: 3-7), sejarah sepak bola kuno dimulai pada 3000 tahun SM, hal ini didasarkan pada penyelidikan dan bukti-bukti dokumenter militer, telah ada dan di kenal di Tiongkok dengan nama Tsu Chu, yang dimainkan oleh 2 regu dengan bergantian menyepak benda bulat ke jaring.

Permainan yang sama di Yunani kuno, dilakukan oleh pemain usia muda yang terdidik dan dikelompokkan di bawah pemain berbakat, yang dikenal dengan episkyros. Pertandingan dilaksanakan dengan menonjolkan kekuatan tenaga, kemahiran, serta semangat juang yang tinggi. Pada masa Romawi dikenal dengan nama Harpostum, dengan tujuan yang hampir sama dengan Episkyros.

Pada abad ke-11 di Inggris, bola dibuat bulat dengan menggunakan usus lembu. Di London dimainkan pada abad ke-12 dengan masing- masing regu berjumlah 500 orang dengan letak gawang berjarak 3 hingga 4 kilometer. Permainan dilakukan di jalan-jalan sehingga banyak mengakibatkan kerusakan, kecelakaan, dan kematian. Pada tahun 1389 permainan ini dilarang oleh Raja Richard II, selanjutnya dilarang oleh Raja Henry IV.

Begitulah gambaran mengenai permainan sepak bola kuno yang terkeam dalam sejarah, untuk saat ini diketahui bahwa permainan sepak bola pada awalnya datang dari tiongkok atau Cina, kemudian menyebar ke Yunani, Romawi dan kemudian ke Inggris. Begitulah sejarah asal-usul dari permainan sepak bola kuno.

Sejarah Permainan Sepak Bola Moderen

Permainan Sepak Bola Moderan pertama kali dicetuskan di Inggris, yaitu bermula Pada tahun 1846, perkumpulan di sekolah-sekolah dan universitas membuat peraturan sepakbola untuk pertama kali di Universitas Cambridge, Inggris yang terdiri dari 11 pasal peraturan, yang kemudian dikenal dengan nama Cambrdge Rules of Football.

Selanjutnya pada 22 Mei 1904, Federation Internasionale de Football Association (FIFA) didirikan atas inisiatif dari Robert Guirin asal Perancis, dengan anggota 7 negara, yaitu Belgia, Denmark, Perancis, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss.

Permainan sepakbola mengalami peralihan dan perubahan yang signifikan setelah beberapa abad di temukannya permainan ini. Negara asal permainan sepabola, seperti Inggris menunjukkan perkembangan yang cukup ketat bersaing dengan Negara Eropa lainnya dan Negara Benua Amerika Latin. Termasuk didalamnya pembinaan sepakbola di Asia, seperti Jepang, Korea, China, serta Timur Tengah, Arab Saudi, Iran. Asia Tenggara yakni Indonesia, dan Vietnam terus mengikuti perkembangan pembinaan sepakbola modern.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Adanya sepak bola di Indonesia dibawa oleh penjajah Belanda, perkembangannya sendiri baru terjadi pada tanggal 28 September 1893, sebab pada tahun itu berdiri perkumpulan atau bond sepakbola pertama, yang dikenal dengan nama Rood Wit yang berarti merah putih, di Batavia.

 Pada masa ini diurus oleh pemerintahan Belanda melalui satu bond yaitu Nedherlandche Indonesische Voetbal Bond (NIVB) yang berpusat di Batavia. Pada tahun 1920 berdiri perkumpulan di Surakarta yang disebut Java Voetbal Bond oleh Dr.Warjiman dan Mr.Wangsa Negara.

Selanjutnya pada tanggal 19 April 1930 diadakan konferensi bond- bond sepakbola pribumi yang dipraksai oleh Mr.Subroto.

Konferensi ini melahirkan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau dikenal dengan sebutan PSSI yang berhasil mengangkat ketua PSSI yang pertama adalah Ir. Soeratin. PSSI telah mengalami pasang surut kepengurusan dan pencapaian prestasi hingga sekarang ini, termasuk belum berhasil membawa sepakbola Indonesia lolos ke Piala Dunia.

Begitulah sejarah sepak bola di dunia dan Indonesia yang dapat dipaparkan penulis, semoga dengan memahami sejarah sepak bola tersebut pembaca lebih mencintai dan terus berprestasi dalam permainan sepak bola, sehingga dapat membawa kemajuan bagi persepak bolaan nasional.

Baca Juga: Peraturan Sepak Bola Standar FIFA

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search