Sejarah Kelurahan Jagasatru, Pekalipan Kota Cirebon

- Desember 01, 2018
Kelurahan Jagasatru adalah salah satu kelurahan di Kota Cirebon dibawah Kecamatan Pekalipan. Jagasatru sendiri didalamnya terdiri dari 10 RW dan 51 RT. Ditinjau dari banyaknya RT dan RW didalamnya tentu Jagastaru merupakan kelurahan yang cukup padat penduduk, dimana anggaran untuk penduduk yang luas ini juga kemungkinan terbilang tinggi.

Kelurahan Jagasatru ditinjau dari geografisnya merupakan salah satu kelurahan yang masuk pada wilayah Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon, ditinjau dari sisi sejarahnya Jagasatru konon dahulu merupakan salah tempat jaga/pos penjagaan tentara Kesultanan Cirebon. Sehingga daerah ini kemudian dinamakan Jagasatru, yang maksudnya tempat atau pos penjagaan.

Jagasatru merupakan Kelurahaan yang berada dibawah pemerintahan Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon, luas wilayah Kelurahan Jagasatru terdiri dari 36,923 Hektar Persegi.

Secara ekonomi kelurahan Jagasatru masyarakatnya pada umumnya menjadi buruh atau pedagang, tidak ada petani dan lahan pertanian di wilayah ini mengingat keadaan Kelurahan Jagasatru atau pada umumnya Kecamatan Pekalipan berada di tengah-tengah Kota Cirebon.

Jumlah penduduk Jagasatru pada tahun 2018 menurut data yang terdapat di kantor Kelurahan jagasatru sebanyak 12.053 penduduk yang terdiri dari 6165 laki-laki dan 5888 perempuan.
Dalam tata kelola pemerintahan, Kelurahan Jagasatru dipimpin oleh seorang Luraah yang juga merupakan PNS Kota Cirebon, adapun susunan pemerintahan di Kelurahan Jagasatru Peridode 2014-2018 adalah sebagi berikut:

  1. Lurah : Suryadi, S.Sos
  2. Sekertaris : Karyadi, SE
  3. Kelompok Jabatan Fungsioanl : Iwan Syarif, SE
  4. Kasie Pemerintahan : Asep Kusnandar, S.Sos, MM
  5. Kasie Pemberdayaan Masyarakat : Kani
  6. Kasie Ekonomi dan Pembangunan : Waway Ermayanti, SE


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search