Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mbah Kuwu Sangkan Dan Keturunannya

Mbah Kuwu Sangkan merujuk pada tokoh yang bernama Pangeran Walangsungsang, istilah Kuwu Sangkan sendiri merupakan julukan ketika Pangeran Walangsungsang menjabat sebagai Kuwu di Desa Cirebon (Caruban) yang baru berkembang (Sangkan).

Asal-usul julukan Kuwu Sangkan bermula dari mundurnya Ki Gede Alang-Alang sebagai Kuwu Cirebon, waktu itu Pangeran Walangsungsang sedang menjabat sebagai Pangraksabumi (Raksa Bumi) di Desa Cirebon. Dengan mundurnya Ki Gedang Alang-Alang, maka secara otomatis yang menjabat sebagai Kuwu Cirebon selanjutnya adalah Pangeran Walangsungsang. 

Antara Mbah Kuwu Sangkan dengan Ki Gede Alang-Alang sebetulnya hubungannya sangat dekat, karena Ki Gede Alang-Alang adalah mertuanya sendiri, sebab salah satu istri Mbah Kuwu Sangkan yang bernama "Kencana Larang" adalah anak dari Ki Gede Alang-Alang.

Keturunan Mbah Kuwu Sangkan

Mbah Kuwu Sangkan selama hidupnya dikisahkan memiliki tiga istri dan dari ketiga istrinya itu kemudian melahirkan sembilan orang keturunan, sementara dalam versi yang lainnya sepuluh orang keturunan. Berikut ini adalah nama-nama Istri Mbah Kuwu Sangkan beserta keturunannya.

Nyimas Endang Geulis

Nyimas atau Nyai Endang Geulis adalah istri pertama Mbah Kuwu Sangkan, dikawini selepas Pangeran Walangsungsang keluar dari Istana untuk mengembara dan mempelajari agama Islam. Wanita ini dikishkan sebagai anak dari Ki Gedeng Danuarsih. 

Menurut Carita Purkawa Caruban Nagari dari hasil perkawinannya dengan wanita ini, Mbah Kuwu Sangkan memperoleh satu orang Keturunan, yaitu Nyimas Pakungwati (Nyai Pakungwati).

Nyimas Retna Rasajati

Nyimas Retna Rasajati, atau Nyai Retna Rasajati adalah istri Pangeran Cakrabuana kedua. Menurut Carita Purwaka Caruban Nagari, putri ini adalah merupakan anak dari Syekh Maulana Jatiswara atau Maulana Ibrahim Akbar, Ulama asal Negeri Champa (Sekarang Bagian Dari Negara Vietnam & Kamboja).

Dari pernikahan Mbah Kuwu Sangkan dengan wanita ini, beliau dikaruniai 7 orang anak, semuanya berjenis kelamin wanita, adapun anak-anak atu keturunan Mbah Kuwu Sangkan dari wanita ini adalah;
  1. Nyai Laraskonda
  2. Nyai Lara Sajati
  3. Nyai Jatimerta
  4. Nyai Jamaras
  5. Nyai Mertasinga
  6. Nyai Cempa, dan 
  7. Nyai Rasamalasih.

Nyimas Ratna Riris/ Nyimas Kencana Larang

Nyimas Ratna Riris adalah istri ketiga Pangeran Cakrabuana, ia merupakan putri dari Ki Danusela, Kuwu Cirebon pertama, menurut Carita Purwaka Caruban Nagari, dari wanita ini Mbah Kuwu Cirebon memperoleh 1 keturunan, yaitu Pangeran Carbon, nantinya Pangeran Carbon dikisahkan menikah dengan Nyi Cupluk, Putri Ki Gedeng Trusmi dan nantinya memperoleh putra yang diberi nama Bung Cikal atau Pangeran Trusmi. 

Sementara dalam versi yang lainnya, sebagaimana tercatat dalam naskah Kuningan, dengan wanita ini Pangeran Walangungsang memperoleh dua anak laki-laki, yaitu Arya Mengger (Pangeran Carbon) dan Pangeran Pajarakan. Bahkan dalam sumber ini juga Nyimas Pakungwati dikisahkan sebagai anak dari Kencana Larang. 

Baca Juga : Nyimas Rasa Jati Istri Pangeran Cakrabuana Kedua

Posting Komentar untuk "Mbah Kuwu Sangkan Dan Keturunannya"