Kisah Perjumpaan Sunan Gunung Jati Dengan Nabi Khidir

- Maret 27, 2019
Kisah perjumpaan Sunan Gunung Jati dengan Nabi Khidir dikisahkan dalam Naskah Mertasinga tepatnya pada pupuh IV.18-V .12, pertemuan keduanya terjadi selepas Sunan Gunung Jati merasa putus asa karena dalam perjalanan spiritualnya tidak juga kunjung menjumpai Nabi Muhamad.

Dalam kisah sebelumnya dikisahkan bahwa selepas Sunan Gunung Jati mempelajari kitab yang membahas rupa dan watak Nabi Muhamad yang tersimpan dalam perpustakaan Istana kerajaan ayahnya, ia menjelma menjadi seorang pemuda yang aneh, sebab selepas ia membaca kitab itu kuat hatinya ingin berjumpa dengan Nabi Muhamad. Meskipun ibu dan kerabatnya telah mengingatkannya bahwa Nabi Muhamad telah lama wafat, Sunan Gunung Jati muda itu tetep kekeh ingin berjumpa dengan Sang Nabi.

Keinginan Sunan Gunung Jati untuk menjumpai Nabinya yang telah lama wafat itu kemudian mengantarkannya untuk melakukan pengembaraan Spiritual, ia berkeliling dari satu tempat ke tempat lain di Timur Tengah demi berjumpa dengan Nabinya.

Namun, selepas 100 hari perjalanan, ia rupanya tak kunjung menemui Nabi yang dicari, hingga akhirnya dalam tengah perjalanan, tiba-tiba keanehan menerpa jiwanya. Ia diperlihatkan alam nyawa, dimana dalam alam itu ia diperlihatkan orang-orang yang wafat karena Syahid memperjuangkan agama Allah.

Belum juga habis rasa herannya dalam memandangi alam nyawa itu, rupanya Sunan Gunung Jati didatangi oleh seorang gagah lagi harum baunya, orang tersebut mendatangi Sunan Gunung Jati dengan mengendarai Kuda Sembrani.

Orang itu kemudian memperkenalkan dirinya, ia mengaku sebagai Nabi Khidir yang akan mengangkat Sunan Gunung Jati sebagai Wali Kutub. Tapi sebelum pengangkatan itu, Nabi Khidir memerintahkan Sunan Gunung Jati untuk memakan buah hijau yang dipetik dari Syurga. Maka selepas memakan buah itu resmilah Sunan Gunung Jati menjadi salah satu Walilullah dimuka Bumi.

Selain mengabarkan anugerah kewalian pada Sunan Gunung Jati, Nabi Khidir juga memberikan kabar baik lainnya kepada Sunan Gunung Jati, ia mengabarkan bahwa keinginan Sunan Gunung Jati untuk bertemu dengan Nabi Muhamad akan dapat terlaksana.

Baca Juga: Kisah Perjumpaan Sunan Gunung Jati Dengan Nabi Muhamad

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search