Silsilah Syekh Siti Jenar

- Februari 07, 2020
Syekh Siti Jenar adalah wali kelahiran Japura(Cirebon) yang riwayat hidupnya dikisahkan dalam banyak naskah kuno. Nama dan julukannyapun banyak, tercatat ada 5 nama lebih yang disandangkan pada Syekh Siti Jenar, diantaranya, Abdul Jalil, San Ali, Syekh Lemah Abang, Syekh Jabaranta, Syekh Siti Bang, Syekh Siti Brit, Sunan Kajenar, Syekh Wali Lanang dan Syekh Sunyata Jatimurti Susuhan ing Lemah Abang.

Mengenai Silsilah Syekh Siti Jenar, naskah yang berasal dari Cirebon salah satunya naskah Mertasinga mengungkapkan bahwa Syekh Siti Jenar adalah Wali Allah yang mempunyai garis keturunan dengan Nabi Muhamad SAW. Sehingga dengan demikian Syekh Siti Jenar adalah seorang Syarif/Habib.

Silsilah Syekh Siti Jenar yang digambarkan dalam naskah Mertasinga adalah sebagai berikut:
“Sedangkan Syekh Lemah Abang, itu juga satu leluhurnya denganmu. Dia adalah anaknya Datuk Sholih bin Datuk Isa yang menetap di Pulau Malaka, bin Khadir Kalen bin Muhamad Kabir bin Zainal Abidin bin Sayid Husein, itu anaknya Fatimah binti Rasulullah” (Wahju, hlm 63)

Menurut Naskah Mertasinga orang tua Syekh SIti Jenar adalah orang Malaka, meskipun demikian ia merupakan Dzuriat Nabi Muhamad dari jalur Imam Husein, yaitu anak kedua dari Fatimah RA, putri Nabi Muhamad SAW.

Silsilah Syekh Siti Jenar telah dapat dirinci oleh Sholokhin adalam bukunya yang berjudul Sufisme Syekh Siti Jenar, dalam catatannya, silsilah Syekh Siti Jenar secara lengkap adalah sebagai berikut:

  1. Muhamad SAW-Khodijah RA
  2. Fatimah RA-Ali KRW
  3. Husain RA
  4. Ali Zainal Abidin
  5. Muhamad al-Baqir
  6. Ja’far Shadiq
  7. Ali al-Urdaidli
  8. Muhamad Naqib al-Rumi
  9. Isa al-Muhajir al-Bashri al-Alwi al-Rumi
  10. Ahmad al-Muhajir Ahmad al-Husni al-Faqih al-Muqaddam
  11. Abdullah bin Ubaidillah
  12. Alwi al-Muktabir
  13. Sayid Muhamad
  14. Alawi Amir al-Faqih
  15. Muhamad Shaibul Marbath
  16. Alawi Amrul Faqih
  17. Abdul Malik al-Qazam
  18. Amir Abdullah Azmat Khan Khanuddin
  19. Ahamdsyah Jaludin al-Husain
  20. Isa ‘Alawi
  21. Datuk Shaleh
  22. Syekh Sti Jenar/Abdul Jalil

Memahami silsilah Syekh Siti Jenar di atas dapat diketahui bahwa ia merupakan keturunan Nabi Muhamad yang ke 22. Adapun prihal kelahirannya di Cirebon, dikisahkan dahulu bahwa kedua orang tuanya mendarat di Cirebon untuk berdagang dan menyebarkan ajaran Islam di daerah tersebut.

Keduanya tinggal di Cirebon, namun pada saat kelahiran SIti Jenar orang tuanya meninggal, sehingga Siti Jenar akhirnya diasuh oleh saudaranya di Cirebon.

Kisah mengenai kelahiran Syekh Siti Jenar dapat and abaca pada artikel kami selanjutnya yang berjudul “Lahirnya Syekh Siti Jenar”.

Baca Juga: Syekh Siti Jenar Menuntut Ilmu Ke Bagdad

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search