Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istri Prabu Siliwangi yang Paling Terkenal

Istri Prabu Siliwangi
Istri Prabu Siliwangi jumlahnya banyak, yang tercatat nama-namanya sebanyak 151 orang, selain itu menurut Naskah Waosan Prabu Siliwangi  yang ditemukan di Kuningan menyatakan bahwa istri Prabu Siliwangi banyak hingga tidak terhitung jumlahnya.

Istri Prabu Siliwangi yang banyak itu hanya beberapa saja yang kisahnya tercatat dalam banyak naskah dan legenda. Diantara Istri Prabu Siliwangi yang paling terkenal adalah Nyi Ambet Kasih, Subang Larang  Nyi Aciputih/ Nyi Padmawati dan Kentring Manik Mayang Sunda.

Nyi Ambet Kasih

Nyi Ambet Kasih dalam Naskah Carita Ratu Pakuan disebut sebagai Istri pertama Prabu Siliwangi. Kabar ini juga disebutkan dalam Naskah Carita Purwaka Caruban Nagari. Nyi Ambet kasih dinikahi oleh Prabu Siliwangi sebelum menjadi Raja Pajajaran. Nyi Ambet Kasih adalah putri dari Ki Gede Sindangkasih, penguasa dari Kerajaan Sindangkasih. Pernikahan prabu Siliwangi dengan Nyi Ambet Kasih dikisahkan tidak menghasilkan keturunan.

Nyi Subang Larang

Nyi Subang Larang adalah Istri kedua Prabu Siliwangi, wanita ini banyak dikisahkan dalam berbagai macam Naskah, sebab cucu dari Subang Larang ini kelak menjadi penyebar agama Islam di Pasundan dan menjadi Sultan Cirebon pertama. Dari pernikahannya dengan Nyi Subang Larang, Prabu Siliwangi memperoleh tiga orang anak, yaitu Pangeran Walangsungsang, Nyimas Rara Santang dan Raden Kian Santang. Meskipun begitu dalam versi lain menyatakan bahwa antara Kian Santang dengan Walangsungsang adalah satu orang yang sama.

Menurut Naskah Carita Purwaka Caruban Nagari, Subang Larang adalah anak pembesar Singapura (Mertasinga-Cirebon), Bapaknya bernama Ki Ageng Tapa dari istrinya bernama Nyi Ratna Karancang.

Kedua orang tua Subang Larang adalah pemeluk agama Islam, sehingga pada masa Remaja Subang Larang dikirim oleh kedua orang tuanya untuk belajar agama Islam kepada Syekh Quro, salah satu Ulama terkemuka di Jawa Barat kala itu.

Baca Juga: Subang Larang, Istri Prabu Siliwangi Yang Dibuang

Nyi Aciputih

Nyi Aciputih dalam Naskah Carita Purwaka caruban Nagari disebut sebagai anak hasil perkawinan antara Rara Ruda yang tinggal di Lemah Putih dan Dampu Awang, saudagar kaya dari Cempa. Menurut naskah ini Nyi Aciputih dinikahi oleh Prabu Siliwangi, dari perkawinan keduanya melahirkan seorang putri yang diberi nama Nyai Lara Badaya. Nyai Lara Badaya dibawa kakeknya ke Cempa. Disana, ia berguru agama Islam kepada Maolana Ibrahim Akbar.

Sementara menurut sumber yang berasal dari dongengan, Pernikahan Prabu Siliwangi dengan Nyi Aciputih tidak direncanakan, konon Prabu Siliwangi tidak sengaja membunuh Ki Dampu Awang hingga ia merasa kasihan pada anaknya lalu menikahinya. Dalam sumber ini pernikahan Prabu Siliwangi dan Nyi Aci Putih di karunia enam orang anak, anak yang pertama, bernama Mundingsari II/munding laya dikusumah, putra yang kedua bernama Mungding kelemu kilamantri/mantra kasurudan tapa, putra yang ketiga bernama Munding dalem, putra selanjutnya bernama Balik layaran/sunan kebo warna dan yang terakhir dikaruniai seorang putri bernama Putri Kandita.

Kentring Manik Mayang Sunda

Kenting Manik Mayang Sunda atau juga disebut Dewi Mayang Sunda, adalah istri Prabu Siliwangi yang melahirkan dua orang putra yang cukup terkenal, yaitu Surawisesa dan Surosowan. Kelak Surawisesa ini menjadi Raja Pajajaran pengganti Prabu Siliwangi, sementara Surosowan kelak diangkat menjadi Raja di Banten. Kentring Manik Mayang Sunda adalah anak dari  dari Prabu Susuk Tunggal Raja Kerajaan Sunda.

Penjelasan dalam bentuk Vidio dapat anda simak pada Vidio berikut ini;

7 komentar untuk "Istri Prabu Siliwangi yang Paling Terkenal"

  1. Dari artikel tentang Nyai Aciputih ada kesamaan mengenai kisah dari perjalanan spiritual yg saya jalani selama ini..
    Nyai Aciputih kalo hasil penelusuran perjalanan waktu itu bernama bunda sepuh Solendang Galuh pangkuan, dan beliau hampir serupa sosok wajahnya dengan Ibu dewi Kwan Im dari agama budha.
    Dan diakhir artikel mengenai anaknya seorang putri bernama kandita bisa diartikan ibunda sepuh Ratu Mayang Segara pamulangan atau Ratu laut kidul disukabumi Wallahu'alam benar apakah demikian hanya Allah yg tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. KANDITA adalah nama lain dari RATU LAUT KIDUL

      Hapus
  2. Nyai ambet kasih memiliki anak banyak cotro dan gagak ngampar makam banyak cotro ada di wilayah kami gunung kumbang

    BalasHapus
  3. Dan juga makam istrnya nyai dewi ciptarasa bin kanda daha banyak cotro masuk dalam perguruan jambe pitu gunung kumbang dengan nama ki buyut prendita/ki sanca manggala dan masih banyak nama yang lainya. Ada 16 nama.

    BalasHapus
  4. Siliwangi istrinya 151 banyak YA....ETA Kisah Karangannya buatan Snocke Hugronye . Guierheme ....dkk.Cerita Ngawur .....Hoaxxxx. Sri Baduga Maharaja Purbawisesa Sri Jaya Dewata Syech Kudrattulah hanya 4 istrinya. 1.Permanadewi Ket.Panjalu.....2.Ambet Kasih Sindangkasih.....3. Padmawati ibni Anta Kusumah dan 4. Tejamantri Ket.Tejakencana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam sejarah gunung kumbang di sebutkan istri prabu SILIWANGI memiliki 4 istri dalam sejarah sumur bandung gunung kumbang bahwa walaupun waktu ITU prabu SILIWANGI sudah memiliki 4 istri beliau masih mencaricari istri untuk di jadikan istri ke 4 dan istri yang ke4 nyai kentring mayang sunda dan sejarah gunung kumbang kalau kita melihat kepada berbagai cerita sejarah yang berhubungan dengan gunung kumbang bahwa terjadinya cerita perguruan di gunung kumbang sekitar tahun 1478 masehi sampai 1517 masehi karena dalam sejarah gunung kumbang di sebutkan bahwa prabu SILIWANGI berguru agama islam bersama walang sungsang anaknya.
      Jadi sebenarnya cerita sejarah perjalanan walang sungsang ke gunung kumbang bukan menceritakan sejarah masa muda nya walang sungsang tetapi sebenarnya menceritakan perjalanan walang sungsang di masa tuanya setelah cirebon di serahkan kepada sunan gunung jati.
      Dan di perkirakan prabu SILIWANGI berguru agama islam di gunung kumbang sekitar tahun 1482 masehi setelah pajajaran di serahkan kepada surawisesa.
      Dengan cerita prabu siliwangi menghilang bersama kerajaan nya DI ganti dengan cerita pajajaran baru bahwa raja pajajaran adalah menganut ajaran agama islam.
      Sejarah gunung kumbang memang mungkin dalam buku seperti cerita sejarah lainya hanya di ceritakan secara turun temurun sampai saat ini.
      Begitupun dengan sejarah bujangga manik dalam sejarah gunung kumbang di sebutkan bahwa bujangga manik membuat sumur di gunung kumbang yaitu sumur jala tunda namun dengan alasan untuk keamanan masyarakat sekitar maka sumur tersebut di tutup oleh kian santang dengan menggunakan batu jala sutra.
      Dari cerita gunung kumbang ini kita bisa tahu tahun berapa kehidupan bujangga manik sebenarnya.

      Hapus
  5. Maksud nya sudah memiliki 3 istri

    BalasHapus

Berkomentarlah yang terarah dan jelas agar dapat dipahami dan dibalas admin.